SURABAYA- Sehari menjelang coblosan Pilkada serentak, hari ini, Selasa (8/12/2020), Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyerukan kepada segenap masyarakat untuk menyukseskan Pilkada dengan menggunakan hak pilih masing-masing.

Ajakan itu juga diperkuat dengan imbauan untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Ajakan dan imbauan itu disampaikan Gubernur Khofifah usai mengikuti Rakor Persiapan Tahapan Pemungutan Suara Pilkada Serentak secara daring bersama Mendagri Tito Karnavian di Gedung Negara Grahadi.

“Kita semua harus sadar betul jika Covid-19 ini masih ada. Penerapan protokol kesehatan wajib diperhatikan, baik oleh penyelenggara pemilu, peserta pemilu, maupun pemilih,” tegas Khofifah.

Dengan menjaga ketat protokol kesehatan Covid-19, Gubernur berharap tidak muncul klaster Pilkada pasca selesainya semua tahapan pemilihan kepala daerah tersebut.

Hadir dalam Rakor kali ini, segenap Forkompinda Jatim, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, jajaran penyelenggara Pemilu Ketua KPU, Ketua Bawaslu, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Jatim. Di antaranya, Plt Kalaksa BPBD Jatim yang diwakili Kabid PK, Gatot Soebroto.

Usai Rakor di Grahadi, Gubernur bersama Forkopimda lalu meninjau TPS 7 RT 03 RW 04 Dusun Singopadu Desa Dahanrejo, Kebomas, Gresik.

Di tempat itu, Gubernur diwakili Sekdaprov Jatim berkesempatan menyerahkan secara simbolis bantuan APD dan peralatan protokol kesehatan, seperti, baju hazmat, masker kain, thermogun, handsanitizer, sarung tangan latex, dan faceshield.

Acara lalu dilanjut dengan Rakor Persiapan Pilkada Gresik bersama Bupati Sambari dan Forkopimda Gresik di kantor Pemkab setempat.

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dalam paparannya mengungkapkan, ada tiga ini indikator sukses pelaksanaan Pilkada tahun ini.

Pertama, angka partisipasi pemilih yang tinggi. Kedua, terlaksananya protokol kesehatan Covid-19 dan tidak melahirkan kluster baru. “Yang ketiga, pelaksanaannya aman dan sejuk,” ujarnya.

Selanjutnya, bersama Forkompinda Jatim, Gubernur bergeser ke Kabupaten Malang, meninjau kesiapan TPS di Desa Mulyoagung, Kec. Dau.

Di tempat ini, Gubernur juga menyerahkan bantuan yang sama untuk kelengkapan penerapan protokol kesehatan Covid-19. Bantuan secara simbolis juga diserahkan Sekdaprov Jatim. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 2 =