Bagikan

MALANG- Rumah Sakit Lapangan Covid-19 di Jawa Timur akan segera bertambah satu lagi. Setelah RS Lapangan Covid-19 di Jl Indrapura Surabaya,  kini sedang disiapkan RS serupa yang berlokasi di Poltekkes Kemenkes RI, Jl Ijen Besar No 77 V, Kota Malang.

Rencana pendirian RS Lapangan Covid-19 di Kota Malang ini Kamis sore (3/12/2020), ditinjau Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, yang juga Ketua Satgas Covid-19 Pusat.

Turut mendampingi dalam peninjauan itu, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Kapolresta Malang dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Jatim, seperti, Kadinkes Jatim, Direktur RS Saiful Anwar Malang, Kadis PU Cipta Karya dan Permukiman Jatim, dan Plt Kalaksa BPBD Jatim yang diwakili Kabid PK Gatot Soebroto dan Kabid RR, Andhika N Sudigda, juga Tenaga Ahli Kebencanaan Suban Wahyudiono.

Hadir juga sejumlah pejabat BNPB, seperti, Deputi II Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Lilik Kurniawan, Plt Deputi III Bidang Penanganan Darurat Dody Ruswandi, Deputi V Bidang Logistik & Peralatan Prasinta Dewi, dan anggota Komisi VIII DPR RI, Ali Taher.

Rencananya, RS Lapangan Covid-19 di Kota Malang yang berkapasitas 306 bed ini akan diperuntukkan bagi pasien Covid-19 di wilayah Malang Raya, Kabupaten/Kota Pasuruan dan Kabupaten/Kota Blitar.

Saat peninjauan, Kepala BNPB berkeliling lokasi melihat sejumlah ruangan yang masih dalam proses renovasi, mulai dari kamar pasien, kamar mandi, fasilitas olahraga hingga musholla.

Ditargetkan, renovasi dan penataan ruang RS Lapangan tersebut bisa rampung dalam dua Minggu.

Doni Monardo berharap, RS Lapangan di Malang ini nanti bisa memberikan layanan yang baik seperti yang telah dilakukan RS Lapangan Covid-19 di Jl Indrapura Surabaya.

“Dari data yang kami terima, RS Lapangan di Indrapura telah berhasil menangani pasien Covid-19 tanpa angka kematian satu pun,” ujarnya sembari mengkonfirmasi data tersebut ke Pangdam V/Brawijaya. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × five =