Bagikan

MAGETAN- Jejaring relawan penanggulangan bencana di Jatim kian meluas. Terbaru Sabtu malam (12/9/2020), telah dideklarasikan Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Kabupaten Magetan.

Deklarasi relawan PB yang beranggotakan 43 organisasi itu digelar di Posko SRPB Magetan, Desa Kuwonharjo Kec Takeran.

Hadir dalam deklarasi itu Bupati Magetan Suprawoto, Kalaksa BPBD Magetan Ari Budi Santoso, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jatim Gatot Soebroto, Koordinator RSPB Jatim Dian Harmuningsih dan Tenaga Ahli BPBD Jatim Suban Wahyudiono.

Usai deklarasi dan pengukuhan pengurus SRPB Magetan, Bupati Suprawoto menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi atas hadirnya SRPB di Magetan.

Baginya, keberadaan relawan bencana di semua daerah di Indonesia sebetulnya mutlak diperlukan. Sebab, Indonesia adalah negara yang memiliki berbagai potensi bencana.

“Bencana apa yang tidak ada disini? Banjir ada, longsor ada, tsunami juga ada, kebakaran hutan juga ada. Karena itu sudah selayaknya jika kita punya relawan bencana,” ujarnya.

Karenanya, ia pun mengapresiasi terbentuknya SRPB di wilayah Magetan. “Di zaman seperti ini, saya salut masih ada orang-orang ‘gila’ kayak njenengan semua ini. Ya, gila yang saya maksud gila menebar kebaikan. Gila menolong orang demi kemanusiaan,” ujarnya yang langsung disambut applaus peserta.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jatim Gatot Soebroto mewakili Plt Kalaksa BPBD Jatim juga menyampaikan selamat atas deklarasi dan pengukuhan pengurus SRPB Magetan.

Ia berharap, dengan sebagai mitra BPBD, SRPB bisa bersinergi dengan BPBD Kabupaten dalam rangka melakukan pengurangan risiko bencana dan upaya-upaya penanggulangan bencana di Magetan seperti kebakaran hutan dan lahan dan jenis bencana lainnya.

Usai prosesi deklarasi SRPB, acara lalu dilanjut dengan gelar Ngopi Periben (Ngolah Pikir Pengurangan Risiko Bencana). Hadir sebagai pemateri Tenaga Ahli BPBD Jatim Suban Wahyudiono, Kalaksa BPBD Magetan Ari Budi Santoso dan Kadinkes setempat.

Sementara, pengurus harian SRPB Magetan yang telah dikukuhkan untuk periode 2020-2023, yakni, Koordinator: Palih Setiadi, Wakil Koord: Agus, Sekretaris: Sifa’ul Anam, Wakil sekretaris: Yoppi, Bendahara: Setiyo Budi Hariyanto dan Wakil bendahara: M. Adhlan. (*)

By yusron

One thought on “Deklarasi SRPB Magetan Diapresiasi Bupati dan BPBD Jatim”
  1. Terimakasih BPBD Jatim, BPBD Magetan, Pak Suban, Pak Bupati Magetan dan semua pihak yang tidak bisa saya sebut satu persatu atas suportnya dalam Ngopi Periben 2 serta penguluhan SRPB Magetan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × three =