Bagikan

Hujan masih mengguyur wilayah Jawa Timur. Selama dua hari ini, beberapa wilayah mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi. Pusat Pengendali & Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Jawa Timur, terus memantau wilayah yang merupakan daerah rawan bencana banjir.

Minggu (13/07) Pusdalops BPBD Jatim menerima laporan dari berbagai wilayah yang mengalami hujan. Sejak pagi hingga malam hari, tak hentinya laporan mengalir mengenai hujan di posko beberapa kabupaten. Berdasarkan prakiraan cuaca yang disampaikan olrh Badan Meteorologi Klimatologi & Geofisika (BMKG) sebagian wilayah Jatim mengalami hujan sedang. Sisanya diperkirakan hanya mendung cenderung cerah. Suru rata-rata diperkirakan antara 18-34 derajat Celsius, yang berarti Jatim dalam kondisi normal.

Berdasar pantauan petugas posko wilayah yang mengalami hujan dengan intemsitas ringan hingga sedang antara lain, kabupaten Malang, Mojokerto, Pacitan, Gresik, Sidoarjo, Nganjuk dan Kota Surabaya. Sedangkan wilayah Banyuwangi dan Bojonegoro pada hari ini terpantau hanya mendung dengan ketebalan sedang. Meski hanya mendung, angin yang berhembus kencang juga sangat mempengaruhi pergerakan awan hujan di wilayah Banyuwangi. Fransiska petugas posko BPDB Banyuwangi menyampaikan, bahwa awan hujan masih terpantau melintas, namun hujan tidak turun di wilayah yang dilaporkan banjir pada Sabtu (12/07) hingga pagi ini.

Hingga sore tadi, peringatan dini yang dilansir BMKG telah sebanyak dua kali di perbaharui. Wilayah yang perlu diwaspadai sekitaran pesisir laut Jawa dan beberapa kabupaten di pulau Madura. Para penumpang penyebrangan laut juga perlu mewaspadai akan munculnya angina yang cukup kencang dan mengakibatkan tingginya ombak.

Kondisi berbeda dilaporkan petugas posko di Gresik dan Pacitan. Hujan turun di dua wilayah tersebut pada siang hari. Tidak hanya hujan, di Gresik juga dilaporkan beberapa kalikilatan petir melintas di wilayah perbatasan Gresik dan Surabaya. Meski demikian, wilayah yang dilaporkan hujan tidak lantas diikuti dengan bencana banjir. Bulan purnama juga tidak mempengaruhi peningkatan air yang signifikan di pesisir Jawa Timur. Hingga berita ini diturunkan, beberpa wilayah masih dilaporkan hujan dengan intensitas ringan. Dihimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Bencana di musim pancaroba masih mengancam.

By dino

Leave a Reply

Your email address will not be published.