Kejadian Bencana 25 Juni 2014

Kecamatan Sendang, Tulungagung, Jawa Timur longsor. Sebanyak dua desa tertimpa longsoran pada Rabu (25/06). Dipastikan sebanyak lima rumah rusak berat di desa Nglurup, Nyawangan. Hingga berita ini sampaikan, BPBD Tulungagung bersama instansi terkait masih melakukan pendataan.

Pada awalnya masyarakat menemukan keanehan di sekitar tebing. Beberapa titik mengeluarkan gemuruh pada Selasa (24/06) malam. Meski demikian, cuaca di Desa Nglurup terpantau cerah. Awan pembawa hujan pun tak tampak di kabupaten dengan 19 kecamatan ini.

Longsoran yang menimpa rumah warga berupa tanah dan batu dari tebih rumah warga. Ketinggian tebing berkisar antara 10-15 meter. Material yang menimpa rumah warga langsung menghantam tembok rumah hingga jebol di bagian kamar tidur. Tidak hanya itu, teras depan lima rumah tersebut juga hampir rata dengan tanah. Penyangga atap tertimpa batuan sehingga tidak lagi dapat menyangga genting.

BPBD Tulungagung mendata sebanyak tiga rumah berat berada di desa Nglurup dan sisanya di desa Nyawangan. Bantuan sembako langsung didistribusikan kepada kepala keluarga yang rumahnya mengalami rusak berat. Sementara penghuni rumah diungsikan ke rumah sanak saudaranya. Perangkat desa bersama warga masih melakukan pembersihan material longsoran. 

Meski kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa, warga masih merasa trauma akan terjadinya longsor susulan. Oleh karenanya, dihimbau kepada warga untuk tetap meningkatkan kewaspadaan akan terjadinya bencana serupa. 

Leave a Reply