Kejadian Bencana 04 April 2014

Kejadian : Puting beliung

Lokasi    : Kabupaten Tulungagung

Peralihan musim nampaknya harus meningkatkan kewaspadaan untuk wilayah rawan bencana puting beliung. Perubahan suhu dan tekanan udara mengakibatkan angin kencang dan puting beliung sangat berpotensi di wilayah Jawa Timur. Puting beliung telah dialami warga di Tulungagung pada Minggu (04/05) pukul 15.30 WIB. Peristiwa ini terjadi saat kondisi cuaca di wilayah Tulungagung mendung tipis.

Informasi yang diterima Pikte Pusdalops BPBD Prov. Jatim, puting beliung menerjang kecamatan Boyolangu tepatnya di desa Sobontoro dan Moyoketen. Angin tiba-tiba berhembus dengan cepat dan menyapu permukiman di lokasi tersebut.  Masing-masing kerusakan 35 rusak ringan dan 3 rusak berat beradad di desa Sobontoro selain itu 13 rusak ringan dan 2 rusak berat di desa Moyoketen. Dilaporkan sementara sebanyak 53 rumah yang mengalami dampak peristiwa ini.

Hingga berita ini disampaikan, TRC BPBD Kab. Tulungagung masih melakukan pendampingan dan pendataan kepada warga yang mengalami musibah. BPBD setempat telah mengirimkan bantuan berupa sembako dan nasi bungkus dalam rangka menunjang kegiatan kerja bakti warga membenahi rumah rusak. Dihimbau kepada seluruh warga masyarakat Jawa Timur untuk meningkatkan kewaspadaannya guna mengurangi dampak risiko bencana. 

Leave a Reply