Kejadian Bencana 24 Juni 2014

Angin puting beliung kembali menerjang kawasan pesisir utara Jawa Timur. Kali ini merobohkan pohon di  Desa Dingil Kecamatan Jatironggo kabupaten Tuban. Kerugian dari bencana tersebut mencapai kurang lebih Rp. 2,5 juta. Tim reaksi cepat (TRC) badan penanggulangan becana daerah (BPBD) Tuban, bersama perankat desa melakukan tindakan darurat dan pendataan di lokasi.

Tepatanya pada Selasa (24/06) pukul 13.18 WIB, cuaca di sekitaran kota Goa mendung tebal. Tak lama kemudian hujan deras mengguyur di seluruh kabupaten. Tidak hanya hujan deras, angin yang awalnya semilir, tiba-tiba berhembus kencang seiring dengan derasnya hujan yang turun. Angin puting beliung tersebut bertiup hingga merobohkan beberapa pohon di sepanjang jalan desa Dingil.

Salah satu pohon yang tumbang dilaporkan menimpa warung kopi. Bangunan tersebut merupakan rumah usaha milik Kasrim (45). Dipastikan warung yang berada tepat di depan rumahnya mengalami rusak sedang. Berdasarkan tinjauan yang dilakukan TRC, kerugian yang dialami robohnya pohon tersebut mencapai Rp 1,5 juta. Seusai melakukan pendataan, BPBD Tuban memberikan bantuan kepada kepala keluarga yang rumahnya mengalami kerusakan. Bantuan tersebut berupa sembako dan perbaikan rumah.

 

Tidak hanya rumah usaha yang menjadi sasaran pohon tumbang akibat bencana ini. Sebuah rumah kuburan (cangkup) dilaporkan juga mengalami rusak sedang. Taksiran kerugian yang dialami akibat rusaknya cangkup mencapai Rp. 1 juta. Hingga berita ini diturunkan, BPBD bersama aparat desa masih melakukan pembersihan di lokasi kejadian. Dipastikan tidak ada korban jiwa dalam bencana ini. Pemerintah setempat menghimbau kepada warga masyarakat untuk tetap waspada karena masa pancaroba dari musim hujan menuju kemarau masih berlanjut. Pada kondisi pancaroba, bencana puting beliung diperkirakan akan meningkat.

Leave a Reply