Bagikan

Jawa Timur merupakan wilayah yang menjadi supermarket bencana di Indonesia. Bencana di Jawa Timur tidak mengenal musim, ketika musim kemarau kekeringan akan menyapa sedikitnya sekitar 23 kab/kota. Sebaliknya ketika musim penghujan, bencana yang terjadi juga perlu menjadi perhatian.

Beberapa wilayah dilaporkan sudah menjadi langganan banjir bila musim penghujan datang. Hujan deras telah dengan disertai angin telah menerjang beberapa wilayah diantaranya Kab. Bojonegoro. Pada Minggu (17/03) hujan deras mengakibatkan beerapa tanggul di kali Gendong jebol.

Sebanyak 2 (dua) titik di kali Gendong jebol sepanjang masing-masing 2,5 dan dengan ketinggian 1,5 meter. Informasi yang diterima Pusdalops BPBD Prov. Jawa Timur akses jalan jurusan Bojonegoro-Nganjuk tergenang air dan mengakibatkan kemacetan yang cukup panjang di daerah padat tersebut.

Akibat dari bencana ini, rumah yang berada di 4 RT di Desa Kedungsumber Kec. Temayang mengalami genangan setinggi 1 meter. Dengan ketinggian yang telah mencapai batas kewajaran, pihak terkait melakukan evakuasi bagi warga yang berada di lingkungan tersebut ke tempat yang lebih aman.

Hingga berita ini diturunkan (19/03) masyarakat sudah kembali ke rumah masing-masing. BPBD dan muspika masih terus melakukan pendataan dan pembersihan pada wilayah terkena dampak bencana. Dihimbau kepada seluruh warga masyarakat yang berada di wilayah yang rawan bencana banjir untuk teteap waspada dan terus memperhatikan perubahan dan tanda-tanda alam serta terus memperhatikan himbauan yang diberikan oleh pemerintah setempat.

By dino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *