Bagikan

Cuaca di daerah Jawa Timur untuk tiga hari ke depan diperkirakan berawan dan berpeluang hujan ringan hingga lebat. Ini karena sebagian wilayah Jawa Timur pada awal Desember 2011 sudah memasuki musim hujan, dan distribusi uap air/kelembaban di sekitar Jawa Timur relatif cukup tinggi, sehingga pembentukan awan hujan cukup signifikan. Sedangkan angin akan berhembus dari arah Timur – Barat dengan kecepatan 05 – 35 km/jam. Suhu Udara berkisar antara 17 – 34 derajat celcius.

Prakirawan BMKG Juanda Surabaya, Swasti Ayudia P., S. Si, Selasa (6/12) mengatakan, wilayah yang berpotensi hujan antara lain Kepulauan Madura dan Bawean (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep dan Bawean). Di wilayah ini cuaca umumnya berawan – hujan ringan hingga lebat pada siang, sore dan malam hari.

Selain itu wilayah Tuban, Lamongan, Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo dan Situbondo yang berpotensi cuaca berawan, dan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada siang, sore dan malam hari.

Begitu pula untuk wilayah Magetan, Madiun, Ponorogo, Ngawi, Bojonegoro, Nganjuk, Kediri, jombang, Mojokerto dan Bondowoso. Cuaca pada umumnya berawan, dan berpotensi hujan ringan hingga lebat pada pagi, siang, sore dan malam hari.

Wilayah Jawa Timur Daerah Selatan dan Selatan Tengah seperti Trenggalek, Pacitan, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember dan Banyuwangi cuacanya juga berawan – hujan ringan hingga lebat pada pagi, siang, sore dan malam hari.

Sedangkan untuk intensitas tinggi gelombang laut, menurut BMKG Perak Surabaya relatif cukup normal. Pada tanggal 7 Desember perairan Bawean, Kepulauan Kangean dan Selat Madura diperkirakan antara 0.3 hingga 0.5 meter, untuk Laut Jawa, Selat Bali dan Samudra Hindia mencapai antara 0.3 hingga 0.8 meter.(ern,yul)

 

By dino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *