Bagikan

Guna meningkatkan antisipasi dan kesiapsiagaan dalam dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana di Wilayah Provinsi Jawa Timur khususnya bencana Gempa Bumi dan Tsunami, BPBD Jatim kembali melakukan Gelar Gladi Lapang Ancaman Gempa Bumi dan Tsunami di Desa Sinoboyo dan Desa Kembang Kabupaten Pacitan.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini BPBD Jatim bekerjasama dengan BNPB dan Pemerintah Kabupaten Pacitan yang juga diikuti oleh berbagai elemen/lembaga yang aktif dalam penanggulangan bencana, seperti TNI, POLRi, Jatim Rescue, Tagana, ORARI, Pramuka, dll.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 5-6 Desember 2011 ini disaksikan langsung oleh Bupati Pacitan beserta muspidanya. Dalam kegiatan ini juga digelar sarana prasarana dan logistik pendukung penanggulangan bencana seperti mobil rescue, water treatment, dapur umum, ambulance, rumah sakit lapangan, peralatan komunikasi, tenda dll.

Kegiatan Gladi Lapang Ancaman Gempa Bumi dan Tsunami merupakan tindaklanjut dari kegiatan kontijensi yang dipersiapkan dan disusun untuk menghadapi ancaman gempa dan tsunami serta mempunyai tujuan agar terciptanya koordinasi, kewaspadaan dan kesiapsiagaan para stakeholder/ pemangku kepentingan terhadap terjadinya musibah bencana Gempa dan Tsunami meningkatkan kemampuan yang terintegrasi dengan mengoptimalkan potensi dan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing elemen yang terkait dalam Penanggulangan Bencana serta untuk menggelar kekuatan dan potensi penanggulangan bencana berupa peralatan, kekuatan personil, maupun ketrampilan Satgas Penanggulangan Bencana.

By dino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *