Bagikan

SIDOARJO- Upaya mitigasi dan kesiapsiagaan bencana menjelang datangnya musim penghujan kembali dilakukan Tim Gabungan BPBD Jatim, Rabu (15/11/2023).

Kali ini, sasarannya Sungai Pucang Sidoarjo yang melintas di depan SMA Negeri Olahraga (SMANOR) Jatim, Desa Pagerwojo Kec. Buduran.

Sedikitnya, 100 personel gabungan Tim BPBD Jatim, PU SDA Jatim, BPBD Kabupaten Sidoarjo, Dinas PU SDA Sidoarjo, Dinas LH Kabupaten Sidoarjo dan sejumlah relawan di Kabupaten Sidoarjo mengikuti kegiatan resik-resik sungai sepanjang 1 Km ini.

Sungai yang awalnya dipenuhi dengan Eceng Gondok, Kangkung dan tumbuhan menjalar lainnya ini kini sudah terlihat bersih.

Selain menggunakan peralatan manual, kegiatan resik-resik kali ini juga mengerahkan satu ekskavator besar dengan belalai panjang.

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto mengungkapkan, mitigasi dan upaya kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir ini dilakukan sebagai tindak lanjut arahan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang secara intens memantau kondisi sungai di berbagai titik di Jatim.

“Jadi, bersama OPD terkait, seperti Dinas PU SDA Jatim, Dinas LH Jatim dan Pemerintah Kabupaten/Kota, kita akan melakukan mitigasi dan kesiapsiagaan secara estafet menjelang musim penghujan ini,” ujarnya.

Sebelumnya, kegiatan serupa yang dipimpin Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa juga telah dilakukan di Sungai Sinir Waru, Sungai Kanal Gedangan dan Sungai Avour Gedangan Sidoarjo. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *