Bagikan

BATU- Guna menyongsong datangnya musim penghujan, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memimpin langsung Apel Siaga Darurat Bencana Menghadapi Musim Hujan 2023 -2024 yang digelar di Taman Rekreasi Selecta Batu, Selasa sore (7/11/2023).

Hadir dalam acara ini, Pj Walikota Batu Aries Agung Paewai, Deputi Bidang RR BNPB Jarwansyah, Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim Hikmah Bafaqih, Forkopimda Kota Batu, Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim, termasuk Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto dan Kalaksa BPBD Kabupaten/Kota se-Jatim.

Dalam arahannya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengingatkan agar Kota Batu dan semua daerah di Jatim untuk mulai mewaspadai setiap titik-titik sungai.

Dikatakan, menurut prakiraan BMKG, intensitas hujan diprediksi mulai meninggi pada November ini. Sehingga kewaspadaan terhadap potensi bencana rawan longsor dan banjir di Kota Batu perlu ditingkatkan.

Gubernur memerintahkan, BPBD dan stakeholder terkait harus segera melakukan mitigasi terhadap area resiko bencana.

“Apel ini bertujuan untuk menguatkan kerja sama, kesiapsiagaan, dan koordinasi antara Pemkab, TNI/Polri, relawan, dan masyarakat dalam berbagai potensi bencana,” terangnya.

Gubernur juga menyerukan sinergitas dari semua pihak agar bisa bergerak secara masif dalam mendukung dan menggerakkan seluruh sumber daya, serta kemampuan dalam pencegahan bencana.

“Termasuk pengecekan Sarpras, untuk memastikan bahwa peralatan dan sarpras yang dimiliki dalam kondisi baik,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, juga dilangsungkan pemukulan kentongan oleh Gubernur dan sejumlah pejabat sebagai penanda dimulainya gerakan Tempat Wisata Tangguh Bencana di Kota Batu dan semua wilayah di Jatim.

Gubernur Khofifah, dalam kesempatan ini juga menyerahkan piagam Penghargaan kepada sejumlah pihak atas Bantuan dan Kerjasamanya dalam Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah Provinsi Jawa Timur.

Di antaranya, Kepala BNPB, Pj Walikota Batu, Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto, Kapolres Kota Batu, Dinsos Jatim, Dinas Kehutanan Jatim, UPT Tahura Soerjo, Bakorwil Madiun, Bakorwil Malang dan sejumlah Kalaksa BPBD Kabupaten/Kota.

Usai gelaran apel, Gubernur dan jajaran Forkopimda menyaksikan simulasi penanganan bencana alam di Wisata Selecta Kota Batu.

Turut dalam apel ini, Tim PMI, TRC BPBD, Satpol PP, Dishub, PMK, Tagana, Pramuka dan kelompok relawan. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *