Bagikan

MOJOKERTO- Guna mencegah meluasnya penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menjangkiti hewan ternak di Jatim, Gubernur Khofifah Indar Parawansa meninjau aksi penyemprotan desinfektan yang dilakukan TRC BPBD Jatim di kandang ternak, milik Kelompok Ternak Lembu Makmur, Dawar Blandong, Kab. Mojokerto, Rabu (11/5/2022).

Sedikitnya, 75 ternak sapi milik 60 anggota Kelompok Lembu Makmur di Dusun Mayangsari, Desa Gunungsari Kec. Dawar Blandong, disterilisasi dengan desinfektan.

Tak cuma penyemprotan, upaya mencegah penularan PMK hewan ini juga dilakukan dengan penyuntikan obat oleh mantri hewan setempat.

Turut hadir dalam kunjungan ini, Konjen Australia di Surabaya, Fiona Hoggart, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati beserta Forkopimda setempat, Kadisnak Jatim Indyah Ariani, Kalaksa BPBD Jatim Drs Budi Santosa, dan sejumlah pejabat Pemprov Jatim.

Hadir juga dari BPBD, Kalaksa BPBD Kabupaten Mojokerto, Kabid PK Andika N Sudigda, Kabid KL Sriyono, Kasi Logistik Bige Agus Wahjuono serta sejumlah personel TRC BPBD Jatim dan BPBD Kabupaten Mojokerto yang bertugas melakukan penyemprotan disinfektan di kandang ternak setempat.

Gubernur menyatakan, akan terus menggalakkan penyemprotan desinfektan di pasar-pasar hewan yang sedang ditutup sementara dan kandang-kandang ternak, serta terus melakukan penyuntikan vitamin dan obat-obatan secara massif terhadap hewan ternak di Jatim.

Sementara, melalui Konjen Australia Fiona Hoggart, Pemerintah Australia juga berkomitmen akan membantu suplai vitamin dan obat-obatan hewan ternak. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published.