Bagikan

SAMPANG – Pada hari Rabu 26/1/2022, dilakukan giat penanaman 20.000 pohon di Kec. Robattal, Kab. Sampang.

Giat dibuka dengan sambutan selamat datang dari Ketua FPRB Kab. Sampang, Moh. Hasan Jailani dilanjut dengan sambutan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra mewakilkan Bupati Kab. Sampang.

Ia menyampaikan penanaman pohon di Kec. Robattal ini sangat tepat karena jika di wilayah ini hujan biasanya wilayah sampang yang lain juga akan banjir, kegiatan penanaman 20.000 pohon tidak sekedar seremonial tetapi saran edukasi untuk bersama masyarakat menjaga wilayah hijau agar terhindar dari bencana.

Kalaksa BPBD Jatim mengatakan jika Provinsi Jawa timur menempati wilayah timur pulau Jawa, kita memiliki banyak gunung api, sungai2 besar, terdapat sesar yang dapat memicu gempa bumi dan juga ada 7 Kab/ Kota yang berpotensi tsunami.

Wilayah Robattal ini merupakan wilayah Hulu yang ketika ada banjir akan menuju ke hilir, maka saya disini mewakilkan Gubernur Jawa Timur hadir untuk mendukung giat penanaman pohon ini,

Gerakan seperti ini diusahakan dengan konsep pentahelix dengan pendekatan komunitas, maka kami dari Jawa Timur mengapresiasi dan menyampaikan kepada Kalaksa se-Jawa Timur agar melaksanakan juga di wilayahnya.

Masalah bencana merupakan masalah kita bersama, bukan hanya masalah pemerintah, mitigasi harus dilakukan bersama, yang saya sampaikan ini merupakan langkah preventif, karena selama ini langkah kita merupakan responsif, maka kita harus ubah pola pikir kita dengan penanaman pohon, bersih-bersih sungai, pembentukan desa tangguh bencana, dan membentuk FPRB.

“Mari kita tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, jangan lelah berbuat baik.” Ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.