RANGKAIAN ACARA PERINGATAN BULAN PRB 2019

1 . Pendahuluan

PBB menyerukan Hari Internasional untuk Pengurangan Bencana sejak tahun 1989 sebagai cara untuk mempromosikan budaya global kesadaran akan risiko dan pengurangan bencana termasuk pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan bencana. Hari Internasional untuk Pengurangan Bencana (International Day for Disaster Reduction), yang diadakan setiap 13 Oktober merayakan bagaimana orang-orang dan masyarakat di seluruh dunia mengurangi keterpaparan masyarakat terhadap bencana.

Peringatan bulan PRB Nasional sudah dilakukan sejak tahun 2013 dan sudah dilakukan 7 kali. Pertama kali dilakukan di Mataram, NTB kemudian ke Bengkulu berlanjut ke Solo Jawa Tengah. Tahun 2016 ke Manado Sulawesi Utara ditahun setelahnya ke Sorong Papua Barat kemudian yang terakhir ke Medan Sumatera Utara. Setiap tahun mengusung tema yang berbeda beda, untuk tahun 2019 bertemakan Sustainable Resilience for Sustainable Development dengan lebih memfokuskan pada Ecosystem Based DRR and Investment for Resilience

2 . Tujuan dan Manfaat

Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Tahun 2019 ini merupakan sarana untuk memperkuat pemahaman pemerintah, lembaga usaha dan masyarakat terhadap aktivitas PRB sebagai bagian dari investasi untuk ketangguhan. Secara umum, peringatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran bersama, membangun dialog dan mengembangkan jejaring antar pelaku PRB serta dapat dijadikan ajang pembelajaran bersama bagi pelaku PRB seluruh Indonesia. Selain itu, tujuan khusus peringatan ini adalah:

  1. Mengembangkan kemitraan antara Pemerintah, Pemda, lembaga usaha dan masyarakat dalam pembangunan yang berkesinambungan dan berbasis PRB
  2. Melakukan sosialisasi dan disemininasi hasil-hasil aksi nyata pelaku lembaga usaha dan masyarakat dalam PRB
  3. Mendapatkan masukan-masukan dalam rencana pembangunan berkelanjutan berbasis PRB

Manfaat yang diharapkan adalah :

  1. Meningkatnya koordinasi kemitraan antar pemerintah, lembaga usaha dan masyarakat dalam pengembangan pembangunan yang berkelanjutan dan berbasis PRB
  2. Terdapatnya komitmen bersama antar pemerintah, lembaga usaha dan masyarakat dalam pengembangan pemabungan berbasis PRB
  3. Adanya masukan yang membangun dalam rangka perencanaan program bidang PRB.

3 . Tema

Tema yang diangkat pada Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Tahun 2019 adalah “Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Ekosistem dan Investasi”.

4 . Waktu dan Tempat

Acara rangkaian puncak peringatan bulan PRB Nasional akan dilakukan dari tanggal 11-13 Oktober 2019 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tetapi beberapa kegiatan sudah dilakukan dari bulan Agustus dibeberapa tempat di sekitar Provinsi Bangka Belitung. Adapun Novotel Bangka Hotel and Convention Centre menjadi venue utama.

5 . Peserta

Diperkirakan berjumlah lebih dari 5.000 orang, yang terdiri dari Kepala Daerah, DPR / DPD / DPRD, Kementerian / Lembaga, SKPD Provinsi dan Kabupaten / Kota (terutama BPBD), Organisasi Nasional / Daerah / Internasional, Forum PRB, praktisi kebencanaan, perguruan tinggi, lembaga usaha, dan organisasi masyarakat.

6 . Rangkaian Kegiatan

Rangkaian Kegiatan Peringatan Bulan PRB Nasional Tahun 2019 dikategorikan menjadi :

  • PRE-EVENT (PE)

Beberapa kegiatan yang dilakukan sebelum kegiatan puncak (pre-event), antara lain :

PE #1 Jambore Relawan, yang menghadirkan perwakilan relawan dari 34 Provinsi di Resort Pelangi Tanjung Tinggi Beach, Belitung pada tanggal 8 -11 Oktober 2019.

PE #2 Kampanye PRB se Sumatera, melalui Komunitas Kendaraan R 2 (sekitar 2.000 kendaraan R 2), Start dari Provinsi masing-masing mulai tanggal 1 Oktober 2019 dengan finish di Provinsi Kep. Babel pada tanggal 13 oktober 2019;

PE #3 Lomba Kreatifitas, dilaksanakan pada tanggal 1 – 10 Oktober 3019, meliputi Lomba karya tulis kebencanaan, Lomba berita kebencanaan, Lomba Foto Kebencanaan, yang diselengkarakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung;

PE #4 Bimtek SPAB Berbasis Gugus Depan, diselenggarakan tanggal 7-11 Oktober 2019, yang akan melibatkan perwakilan pembina pramuka untuk melakukan edukasi kebencanaan berbasis ekstrakurikuler pramuka.

  • TECHNICAL EVENT (TE)

Technical Event ini merupakan pertemuan–pertemuan yang dilaksanakan untuk membahas capaian dan strategi Indonesia dalam menjalankan 4 (empat) prioritas Sendai Framework Disaster Risk Reduction (SFDRR), berbagi pengetahuan pengalaman terkait denga isu kebencanaan. Dari pertemuan yang dilaksanakan tersebut, diharapkan mendapatkan masukan dari berbagai pihak untuk dapat menjadi komitmen bersama dalam Pengurangan Risiko Bencana di Indonesia dalam mendukung pencapaian sasaran SFDRR 2015-2030. Technical Event (TE) akan diselenggarakan pada tanggal 11 Oktober 2019 bertempat di Novotel Bangka Hotel and Convention dan Hotel Santika. Terdapat 8 (delapan) tema technical event, yaitu:

TE#1. Talkshow 1: Kebijakan Penanggulangan Bencana di Indonesia

TE#2. Talkshow 2: Peran Pemerintah dalam Penanggulangan Bencana

TE#3. Pelatihan PB

TE#4. Seminar SPAB

TE#5. Seminar Membangun Ketangguhan

TE#6. Seminar Pengarus-utamaan Gender

TE#7. Seminar Strategi PRB untuk Hidrometeorologi

TE#8. Sosialisasi Mitigasi Bencana

  • PUBLIC FORUM

Public Forum adalah kegiatan yang melibatkan masyarakat umum, antara lain :

PF #1 Pameran Kebencanaan dan Ignite Stage

Pameran kebencanaan akan dilaksanakan pada tanggal 11-13 Oktober 2019. Lokasi yang diusulkan di Alun – alun Taman Merdeka. Kira-kira 11 menit (4.9 Km) dari Novotel Bangka Hotel. Kegiatan ini akan dikoordinasikan oleh Direktorat Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi, BNPB.

PF #2 Lomba Tangguh

Lomba Tangguh akan diselenggarakan tanggal 12 Oktober 2019 yang diikuti oleh siswa/siswi SMA/SMK se Kota Pangkal Pinang. Lomba ini bertujuan untuk mengasah pengetahuan siswa/I SMA/SMK terkait pengetahuan kebencanaan. Lokasi Kegiatan di Alun-alun Taman Merdeka (Tentative).

PF #3 Fieldtrip

Kegiatan ini akan dilakukan secara serentak pada tanggal 12 Oktober 2019 yang dilakukan pada 34 desa di Kab. Bangka Tengah. Peserta yang teregistrasi akan dijemput oleh komunitas lokal untuk melakukan penghijauan lahan dan akulturasi budaya dengan penanaman 1 juta pohon. Registrasi akan dibuka pada tanggal 10 Oktober 2019 di Novotel Bangka Hotel yang dikoordinasikan oleh BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

PF #4 Jambore Komunitas

Merupakan kegiatan yang membangun kesadaran komunitas dalam pengurangan risiko bencana. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2019 dengan melibatkan komunitas untuk melakukan Penanaman 5.000 pohon secara serentak dan peresmian “KELEKAK NUSANTARA” serta pelepasan Satwa ke alam.

PF #5 Rally PRB

Rally PRB dilaksanakan tanggal 11 Oktober 2019 di Desa Terentang Kab. Bangka Tengah. Peserta berasal dari komunitas kendaraan, komunitas non kendaraan, relawan Indonesia, dan masyarakat. Kegiatan tour wisata, akulturasi budaya, sosialisasi kebencanaan dan penanaman pohon

PF #6 Fun Walk

Fun Walk akan diselenggarakan pada tangga 13 Oktober 2019 pukul 06.00 – 09.00 WIB. Kegiatan meliputi Fun Walk 5 Km, Hiburan dan Doorprize. Kegiatan ini melibatkan peserta Peringatan Bulan PRB dan masyarakat umum.

  • CEREMONIAL EVENT

Acara seremonial merupakan acara puncak bulan PRB yang dilakukan pada tanggal 13 Oktober 2018 pukul 10.00 s.d. 16.00 WIB. Kegiatan akan dilakukan di Ballroom Novotel Bangka Hotel. Kegiatan yang dilakukan pada acara seremonial ini adalah :

  • Rangkaian Pembukaan
  • Launching Produk Kebencanaan
  • Keynote Speaker
  • Penandatanganan MoU dan PKS
  • Penyerahan Hadiah dan Penghargaan
  • Rumusan Strategi Kegiatan PB 2021

Leave a Reply