Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2019

Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Provinsi Jawa Timur Tahun 2019, yang dilaksanakan pada tanggal 30 April 2019 di Lapangan Rampal. Dihadiri oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Gelar Kesiapsiagaan adalah rangkaian dari Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2019 diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur, melibatkan lebih dari 3.500 personil, antara lain dari BPBD Provinsi Jawa Timur dan Badan/Dinas/Instansi Terkait di Jawa Timur, TNI-Polri, BPBD Kab/Kota se Jawa Timur, Pemeritah Kabupaten / Kota se Jawa Timur, Relawan serta dari unsur lain.

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, “Kesiapsiagaan masyarakat terus kita lakukan. Termasuk langkah dalam penanganan bencana. Kenali ancamannya, siapkan strateginya. Siap untuk selamat dengan meningkatkan kegiatan-kegiatan pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, peringatan dini dan peningkatan kapasitas. Tidak mungkin upaya ini hanya mengandalkan pemerintah. Tapi kita lakukan bersama dengan komponen dunia usaha, masyarakat, media dan para pakar. Kolaborasi dan sinergi ini terbingkai dalam penthahelix penanggulangan bencana.”

Dalam kesempatan ini Gubernur Jawa Timur mendeklarasikan pengurangan penggunaan terhadap plastik, karena sampah plastik yang paling banyak memberi efek negatif terhadap lingkungan.

Khofifah menambahkan “Kita ingin mengajak seluruh warga bangsa, terutama warga Jawa Timur, bagaimana rasa cinta kita kepada alam salah satunya adalah kita wujudkan dengan tidak menggunakan plastik sekali pakai.”

Leave a Reply