Gempa Susulan di Lombok Terasa Sampai Jawa Timur

Gempa dengan skala 6,2 SR kembali terjadi di Lombok. Getaran di laporkan terasa hingga Mojokerto, Jawa Timur. Warga tetap diminta untuk meningkatkan kewaspadaan.

Getaran gempa dirasakan tepat pada Pukul 12.25 WIB pada Kamis (09/08). Beberapa wilayah yang menghubungi Pusdalops PB Jawa Timur, merasakan evek gempa tersebut. Pusat gempa yang disampaikan BMKG pada WAG Info Publik 8.36 LS da 116.22 BT terjadi pada kedalaman 12 km.

Anilisa BMKG menyebutkan gempa tersebut terjadi di darat tepatnya di Kabupaten Lombok Utara. “Gempa kali ini tidak menimbulkan tsunami.” Ungkap Operator BMKG.

Informasi yang masuk pada Operator Pusdalops PB, sedikitnya 8 (delapan) Kabupaten yang merasakan getaran gempa kali ini. “Jember, Tulungagung, Mojokerto bagian timur, Banyuwangi, Lumajang, Surabaya, Malang dan Kediri melaporkan merasakan evek gempa.” Ungkap Bagus Mukti Wibowo yang siang ini bertugas Piket Pusdalops PB Jatim.

Tercatat, sebanyak 18x gempa susulan yang terjadi pasca gempa 6,2SR. Hingga kini, Pusdalops PB Jatim masih terus melakukan pemantauan dan melakukan update informasi perkembangan kejadian bencana di Jawa Timur. Kewaspadaan masyarakat terhadap bencana yang akan datang sangat diharapkan, guna mewujudkan masyarakat tangguh bersama, untuk mengurangi dampak risiko bencana.

Leave a Reply