Bagikan

Dalam rangka mendukung Master Plan pengurangan resiko bencana tsunami, BNPB melalui Deputi Bidang Logistik dan Peralatan menyiapkan peralatan yang diperlukan bagi wilayah yang diperkirakan terdampak tsunami berupa Tenda Posko Kedaruratan dan Mobil Evakuasi dan Logistik. Dalam Pelatihan ini dihadiri langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana DR. Syamsul Ma`arif M.Si, Deputi Bidang Logistik dan Peralatan Dewina Nasution, SH, M.Si, Direktur Peralatan Ir. Noerhayati, MM.

Mengingat keterbatasan anggaran untuk pengadaan peralatan Tenda Posko Kedaruratan dan Mobil Evakuasi dan Logistik, maka dilakukan seleksi penerimaan bantuan secara bertahap.  Tahun ini Tahap pertama hanya untuk 6 wilayah yaitu Prov. Sumatera Utara, Prov. Sumatera Barat, Prov. Banten, Prov. DI Yogyakarta, Prov. Jawa Timur, dan Prov. Bali

Kepala BNPB memberikan arahan kepala seluruh peserta yang nantinya sebagai petugas oprasional agar dapat berperan aktif dalam kegiatan ini, menimba pelatihan baik teknis maupun oprasional untuk dimanfaatkan dalam pengelolaan peralatan secara tertib tidak hanya dalam hal pengoprasian peralatan saja, tetapi juga dalam penyimpanan dan pemeliharaan secara baik. Deputi Bidang Logistik dan peralatan menghimbau peserta pelatihan diharapkan bisa menularkan kemampuan pelatihan ini kepada teman-teman di daerah baik di BPBD Provinsi maupun di BPBD Kabupaten sehingga dapat sama-sama berperan aktif dalam rangka penanggulangan bencana. 

Latihan/pembekalan ini meliputi : Pengenalan alat/instrumen yang ada pada Mobil Evakuasi dan Logistik (Tectical radio Komunikasi, Tectical drop cam transismitter, perlengkapan rescuer, dan pengoprasian mobil) sedangkan untuk Tenda Kedaruratan dimulai dengan pengenalan bagian-bagian tenda hingga praktik bongkar pasang tenda posko dan tenda konektor. 

Pelatihan ini diikuti oleh 40 orang yang terdiri dari perwakilan BPBD penerima bantuan, staf BNPB yang meliputi perwakilan Deputi Bidang Penangan Darurat, PUSDATIN, PUSDIKLAT, Deputi Bidang Logistik dan Peralatan, dan SRC PB wilayah Barat, yang dilaksanakan selama 2 hari tanggal 12 s.d 13 April 2013 di Hotel Rukun Senior Living Sentul Bogor, Jawa Barat. 

 
 

 

By dino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *