Bagikan

Perubahan musim mengakibatkan munculnya beberapa bencana di wilayah Jawa Timur. Musim penghujan akan menjadi awal dari beberapa bencana yang menjadi langganan. Seperti bencana puting beliung, banjir hingga tanah longsor akan menjadi ancaman bagi sebagian besarĀ  wilayah Jawa Timur.

Seperti yang dilaporkan BPBD Kab. Pasuruan pada Senin (17/12) telah terjadi bencana puting beliung di beberapa kecamatan yang mengakibatkan kerusakan pada fasilitas umum. Kejadian ini bermula dari hujan lebat yang terjadi pada Minggu (16/12) dari sore hingga keesokan hari. Terdata sebanyak 4 (empat) kecamatan mengalami musibah puting beliung.

Dari keempat kecamatan yang berdampak bencana, wilayah yang mengalami kerusakan terparah adalah Kec. Pandaan. Sebuah rumah, 7 (tujuh) tiang listrik dan 2 (dua) kandang ayam dilaporkan mengalami kerusakan. Fasilitas umum juga mengalami kerusakan yaitu sebuat TK PKK 6 yang terletak di Dusun Kedawung Desa Tunggulwulung, Kec. Pandaan.

Kecamatan lain yang terkena dampak bencana ini adalah Kec. Kraton, Kec. Prigen dan Kec. Sukorejo Kab. Pasuruan. Tercatat sebanyak 3 (tiga) rumah di Kec. Sukorejo mengalami kerusakan di bagian atap akibat sapuan puting beliung. Di Kec. Prigen juga mengalami dampak bencana ini, sekolah TP PKK 10 juga mengalami kerusakan di bagian atap. Tak kalah parahnya di kec. Kraton beberapa kabel listrik yang menuju rumah warga terputus.

Hingga berita ini diturunkan, BPBD kab. Pasuruan masih melakukan pendataan terhadap kerusakan yang dialami oleh warga. Pada saat kejadian, muspika bersama dengan warga melakukan kerja bakti untuk membersihkan reruntuhkan pohon dan atap yang berserakan di sekitar rumah warga. Perbaikan terhadap tiang-tiang listrik yang mengalami kerusakan juga telah dilakukan oleh PLN setempat dengan dibantu warga.

Perbaikan yang dilakukan oleh warga terkendala kurangnya pasokan bahan bangunan yang tersedia. Kebutuhan yang paling mendesak yang diharapkan oleh warga adalah asbes untuk menutup atap rumah dan beberapa bangunan. Karena ditakutkan wilayah tersebut akan terus diguyur hujan dengan curah ringgan hingga sedang pada akhir tahun nanti.

By dino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *