Workshop Peningkatan Kapasitas Masyarakat Bagian II

Menindaklanjuti kegiatan workshop Peningkatan Kapasitas Masyarakat Kesiapsiagan dan Peringatan Dini Tsunami Prov. Jawa Timur bagian I, yang dilaksanakan pada 16-18 April 2012 BPBD Jatim melaksanakan Workshop bagian II. Kegiatan bagian II ini bertujuan untuk membekali Pokja kabupaten untuk menentukan peta bahaya/genangan yang akan digunakan daerahnya masing-masing.

Acara yang dilaksanakan pada 19-20 Juni 2012 ini, dihadiri oleh sebanyak 8 kabupaten yang termasuk dalam wilayah garis pantai selatan di Jawa Timur. Kabupaten yang berperan dalam kegiatan ini adalah, Kab. Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember dan Banyuwangi. Sebagai fasilitator dan pemapar materi dari kegiatan ini adalah GIZ IS.

Dalam sambutan pembuka kegiatan, Kepala Pelaksana BPBD Prov. Jatim menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat memberi pencerahan akan arti pentingnya peringatan dini dalam menghadapi ancaman bencana, khususnya Gempa dan Tsunami. Kegiatan ini juga sebagai saranan penyamaan gerak dan langkah dalam upaya meningkatkan optimalisasi penanggulangan bencana di daerah.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Selecta Kota batu ini, akan melaksanakan program-program yang di sepakati pada pertemuan bagian I. Kegiatan ini membahas tentang penjelasan Keanggotaan resmi Pokja, mengidentifikasi desa-desa rawan sebagai prioritas hingga inventarisasi peta evakuasi.

Pemahaman kepada kelompok kerja diberikan dalam rangka memberikan pemahaman yang nyata terhadap berbagai pengalaman bencana yang pernah terjadi di Indonesia. Interaksi antar peserta dan pemateri juga menjadi metode yang digunakan dalam penyusunan rencana kerja dalam memperoleh hasil yang nyata.

Leave a Reply