Bagikan

Rapat koordinasi penguatan dan pengoprasian sistem tanggap darurat bencana merupakan kegiatan yang sangat penting dan strategis, hal ini di sampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Prov. Jatim dalam sambutan pembukaan. Kegiatan ini mengundang pejabat dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan BPBD kota/kabupaten.

Penanggulangan bencana saat ini sudah mengalami perubahan paradigma yaitu dari fatalistic responsive yang berorientasi pada penanggulangan bencana kedaruratan sebagai respon akibat terjadinya bencana menuju kepada proactive preparedness dimana penanggulangan bencana dilakukan sejak dini, yaitu melalui kesiapsiagaan, tanggap darurat sampai dengan tahap pemulihan.

Acara yang memiliki tujuan sebagai saranan penguatan dan pengoperasian sistem tanggap darurat bencana, serta meningkatkan koordinasi dalam keterpaduan lisapenangganan tanggap darurat bencana di wilayah prov. Jatim. Kegiatan yang dilaksanakan pada 25-26 Juni ini mengundang pembicara dalam rangka memberikan dasar dalam melakukan pelaksanaan penanggulangan bencana.

Narasumber berperan dalam melakukan pemahaman dalam hal antara lain Emergensy Respons Psikologi dalam Situasi Bencana yang di sampaikan oleh Achmad Chusairi. Dalam pengarahan ini disampaikan pemahaman tentang bagaimana menghadapi para korban yang mengalami trauma psikologis.

Sistem Tanggap Darurat Bencana dapat diselenggarakan dengan pola yang terdiri atas rencana operasi, permintaan, pengerahan/mobilisasi sumberdaya yang didukung dengan fasilitas komando dan diselenggarakan sesuai dengan jenis, lokasi serta tingkatan bencana.

Koordinasi yang terjalin antar SKPD dapat menjadi kekuatan bagi Jawa Timur dalam menghadapi bencana. “Komitmen bersama untuk saling bersinergi dan memadukan kegiatan dari unit kerja masing-masing pihak dalam upaya penguatan dan pengoperasian sistem tanggap darurat bencana di Jawa Timur.” ungkap Drs. Ec. Sudarmawan, MM selaku Kepala Pelaksana BPBD dalam sambutannya.

By dino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *