BPBD JATIM Bersama BNPB Lakukan Gelar SRC PB Indonesia Wil. Timur

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan BNPB melakukan kegaitan “GELAR SATUAN REAKSI CEPAT (SRC) PENANGGULANGAN BENCANA INDONESIA WILAYAH TIMUR”. Kegiatan yang mengerahkan hampir seribuan orang dari berbagai unsur elemen/lembaga yang aktif dalam penanggulangan bencana ini akan dibuka langsung oleh Kepala BNPB DR. Syamsul Maarif, Msi, Rabu (16/11) pukul 09.00 WIB.

Menurut Drs. Siswanto, MM selaku Kepala BPBD Jatim, kegiatan ini dimaksudkan untuk Mensinergisitaskan semua elemen Instansi/Lembaga penanggulangan bencana yang tergabung dalam Wilayah Indonesia Timur, juga dalam kegiatan ini akan ditunjukkan bagaimana cara Penanggulangan Bencana Alam Tsunami, dalam Simulasi Bencana ” Gempa Bumi yang disertai Tsunami ” dan kita juga akan menampilkan semua kekuatan peralatan/logistik serta sarana prasarana dalam penanggulangan bencana seperti Heli Bell, Mobil Komando, Rescue, Mobil Komunikasi, Ambulance, Mobil Operasi, Rumah Sakit lapangan, Escavator, Backhoe Loader, Anjing Pelacak K-9, Dapur Umum, Water Treatment, Tenda Pengungsian, Tenda Posko dll.

Kegiatan Gelar SRC PB Indonesia Wilayah Timur ini diikuti oleh berbagai elemen instansi/lembaga seperti BNPB, TNI (AD&AU), POLRI, BPBD Provinsi dan Kabupaten, BMKG Tretes, PMI, BASARNAS, Dinsos, Dinkes, Pramuka, Tagana, RAPI, TERRA, Telkomsel dan relawan-relawan yang aktif dalam penanggulangan bencana. Kepala BPBD Jatim berharap dari pelaksanaan kegiatan ini dapat terbentuknya Sistem Penanggulangan Bencana yang Handal, Cepat, Tepat dan Terpadu serta dapat lebih banyak lagi mengurangi dampak resiko bencana yang lebih besar khususnya di Jawa Timur dan pada umumnya di Indonesia Wilayah Timur.

SRC PB Wilayah Timur sendiri merupakan satuan gabungan dari berbagai lembaga/instansi terkait yang digerakkan untuk melakukan tindakan awal pada kegiatan tanggap darurat bencana secara cepat dan terpadu. SRC PB Wilayah Timur bermarkas di Bandara Udara Lanud Abd. Shaleh Malang.

Leave a Reply