Bagikan

SIDOARJO- Maraknya bencana hidrometeorologi di tengah ancaman cuaca ekstrem saat ini membuat BPBD Jatim terus memperkuat kolaborasi bersama para relawan.

Salah satunya, melalui gelar pelatihan dengan menggandeng komunitas relawan yang tergabung dalam Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim, di area Taman Pendidikan Bencana BPBD Jatim, Minggu (3/3/2024).

Sedikitnya, 100 peserta mewakili 63 lembaga relawan se-Jatim mengikuti kegiatan yang difokuskan pada materi Basic Vertical Rescue dan Pelatihan Dapur Umum ini.

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto dengan didampingi Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bige Agus Wahjuono membuka langsung pelatihan yang dikemas dalam acara ‘Arisan Ilmu Nol Rupiah’ ini.

Turut hadir, Koordinator SRPB Jatim Rachmad Subekti Kimiawan dan sejumlah pemateri dari Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Jatim, Poltekkes Kerta Cendikia dan Galena Rescue.

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto dalam sambutannya menegaskan, bahwa bencana adalah urusan bersama, dan BPBD tidak mungkin menangani semuanya sendiri. Karenanya, butuh kolaborasi dengan berbagai unsur pentahelix, termasuk para relawan.

“Bencana itu bisa terjadi kapan saja. Karena itu, butuh penguatan kapasitas semua unsur untuk mampu terlibat dalam penanganannya. Termasuk saat bencana yang terjadi di ketinggian dan kemampuan mendirikan dapur umum. Sebab BPBD itu bukan Superman. Karena itu butuh kolaborasi dengan berbagai elemen,” tegasnya.

Ia juga berharap, para relawan dari unsur apapun bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di area Taman Pendidikan Bencana BPBD Jatim untuk pelatihan dan penguatan kapasitas. Tidak terkecuali, panjat tebing, Tenda Pendidikan bencana (Tenpina), ruang hening dan fasilitas edukasi kebencanaan lainnya.

Koordinator SRPB Jatim Rachmad Subekti Kimiawan menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas fasilitasi yang diberikan BPBD Jatim selama pelatihan ini.

Menurutnya, animo peserta pelatihan kali ini sangat tinggi, utamanya dari kalangan relawan muda yang berasal dari berbagai daerah di Jatim.

“Pendaftaran kita buka hari Kamis dan hari Jumat kuota peserta sudah terpenuhi. Hari ini yang hadir lebih dari 100 orang. Arisan Ilmu Nol Rupiah ini merupakan yang ke-53. Terimakasih atas fasilitasi yang diberikan BPBD Jatim. Semoga kolaborasi bisa terus berlanjut di masa-masa,” harapnya.

Sementara, Rizqy Tasnima Fadhila, salah satu peserta dari Mahasiswa Manajemen Bencana S2 Unair mengaku sangat senang dengan pelatihan kali ini.

Baginya, pelatihan ini merupakan yang pertama kali diikuti. Materi yang didapatkan juga sangat menarik sekali.

“Kami berharap ada pelatihan-pelatihan lagi yang seperti ini dengan tema yang berbeda,” ujarnya.

Hal yang senada juga disampaikan Wahyu Eka Sari dari Seribu Senyum Volunteer, Surabaya.

Menurutnya, selama pelatihan mulai awal hingga akhir berlangsung sangat seru sekali. Banyak pelajaran dan pengalaman yang bisa diambil dari proses pelatihan ini, termasuk bertambahnya teman dari berbagai relawan.

“Kalau bisa, ke depan diadakan lagi pelatihan semacam ini dengan materi berbeda dan dengan peserta yang lebih banyak. Biar kita bisa semakin punya banyak teman,” harapnya. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *