Bagikan

MOJOKERTO – Upaya memperkuat aksi penanggulangan bencana kini terus dilakukan BPBD Jatim. Salah satunya dengan membangun kolaborasi dengan kalangan media sebagai salah satu unsur pentahelix.

Kegiatan kolaboratif ini dikemas dalam bentuk Sosialisasi Penanggulangan Bencana bertema “Jurnalis Tangguh Bencana”.

Sedikitnya, 45 wartawan yang tergabung dalam kelompok kerja (Pokja), mengikuti kegiatan “Jurnalis Tangguh Bencana” yang digelar BPBD Jatim di Padusan Camping Ground Pacet Mojokerto, selama dua hari, Kamis-Jumat, (16-17/2/2023).

Hadir dalam acara ini, Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto dengan didampingi Kabid Pencegahan & Kesiapsiagaan, Andhika N Sudigda dan Sub Koordinator Sub Substansi Pencegahan Dadang Iqwandy.

Selama dua hari, para wartawan mendapat berbagai materi kebencanaan. Di antaranya, tentang pengenalan Basic Life Support atau Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), safety liputan bencana, komunikasi bencana dan outbound Tangguh Bencana.

Penyampaian materi yang dilangsungkan di tenda pengungsi BPBD ini menghadirkan sejumlah pemateri, di antaranya, Koordinator SRPB Jatim Dian Harmuningsih dan Pakar Komunikasi Unair, Suko Widodo.

“Kami berharap dengan sosialisasi ini rekan-rekan media bisa memberikan informasi yang sebenar-benarnya bagi masyarakat. Khususnya dalam hal kebencanaan,” kata Gatot Soebroto.

Ia juga mengapresiasi sinergi BPBD Jatim dengan kelompok media yang telah terjalin selama ini.

“Bencana itu adalah urusan bersama. Maka, media sebagai salah satu unsur pentahelix harus turut serta dalam upaya penanggulangan bencana,” pesannya.

Sementara, Suko Widodo menegaskan pentingnya keterlibatan media dalam membangun ketangguhan masyarakat menghadapi bencana.

Baginya, wartawan yang tangguh adalah wartawan yang terus-menerus memberikan edukasi bencana kepada masyarakat demi pengurangan risiko bencana.

“Jika perlu, dibuatkan buku panduan untuk wartawan tanggung bencana ini,” sarannya. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *