Bagikan

SURABAYA- Dalam rangka memperkuat dan meneguhkan Political Will kepala daerah dalam masalah kebencanaan, Pusdiklat BNPB bekerjasama dengan BPSDM Prov. Jatim menggelar Pelatihan Kepemimpinan Penanggulangan Bencana (PB) bagi Kepala Daerah dan Ketua DPRD Kabupaten/Kota se-Jatim, Rabu (2/11/2022).

Kegiatan yang dilangsungkan di Kampus BPSDM Jl Balongsari Tama Surabaya ini dibuka langsung oleh Kepala BNPB Letjen TNI Suhariyanto. Turut mendampingi, Sekretaris Utama BNPB Dr Lilik Kurniawan dan Sekdaprov Jatim, Adhy Karyono.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pun turut hadir di tengah acara ini bersama sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim, di antaranya, Kepala BPSDM Jatim Dr Aries Agung Paewai, Kepala Bappeprov Muh. Yasin M.Si dan Kalaksa BPBD Jatim Drs Budi Santosa.

Selain Kepala Daerah dan Ketua DPRD Kab/Kota se-Jatim, turut hadir dalam acara ini Kepala Bappeda dan Kalaksa BPBD se-Jatim.

Menurut Sestama BNPB Lilik Kurniawan, Pelatihan Kepemimpinan PB Bagi Kepala Daerah di Jatim ini merupakan gelaran kali kedua setelah pelatihan serupa bagi bupati/walikota se-Sulawesi Tenggara di Bali, Mei 2022 lalu.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa juga menyampaikan terimakasih kepada BNPB atas pelaksanaan kegiatan ini.

Gubernur juga meminta kepada bupati/kota se-Jatim untuk memperhatikan permasalahan kebencanaan di daerah, dengan melihat secara makro dari hulu hingga hilir.

Sementara, Kepala BNPB juga berharap agar kepala daerah di Jatim bisa merespon cepat setiap kejadian bencana di wilayahnya.

Selain memaparkan peta rawan bencana, Kepala BNPB juga menjelaskan dukungan pemerintah pusat yang bisa diakses pemerintah daerah saat terjadi bencana.

Sejumlah kepala daerah juga merespon paparan tersebut dengan usulan, saran dan masukan. Di antaranya, Walikota Batu Dewanti Rumpoko, Bupati Blitar Rini Bupati Syarifah, Wakil Bupati Pamekasan RB. Fattah Yasin dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Hadir sejumlah pemateri dalam kegiatan ini, di antaranya, Sestama BNPB Dr Lilik Kurniawan, Ketua Umum Ikatan Ahli Bencana Indonesia (IABI) Dr Harkunti Pratiwi Rahayu, Ketua PSBL Unitomo Dr Hendro Wardhono dan Begawan Kebencanaan Prof Syamsul Ma’arif.

Hadir juga dalam acara ini, segenap pejabat eselon III dan sejumlah pejabat fungsional di lingkungan BPBD Jatim. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *