Bagikan

BLITAR – Setelah pekan lalu meresmikan huntara bagi warga terdampak tanah gerak di Kabupaten Ponorogo, Kamis (25/1/2024), Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kembali meresmikan hunian serupa di Kabupaten Blitar.

Sebanyak 68 hunian relokasi Kampung Indah Pesona (KIP) yang diresmikan kali ini tersebar di tiga desa, yakni, 47 unit di Desa Balerejo Kec. Panggungrejo, 10 unit di Desa Kalitengah juga di Kec. Panggungrejo dan 11 unit di Desa Maron di Kec. Kademangan.

Selain 68 hunian relokasi di tiga desa, Gubernur Khofifah juga meresmikan pembangunan Jembatan Resapombo Kec. Dongko yang telah selesai rekonstruksi.

Peresmian hunian relokasi dan jembatan itu dilangsungkan secara serentak di satu lokasi, yakni, di Desa Balerejo Kec. Panggungrejo.

Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan empat prasasti oleh Gubernur Khofifah, dengan didampingi Sekdakab Blitar Izul Marom, Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto, Kalaksa BPBD Kabupaten Blitar Ivong Berttyanto dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya menyampaikan, Indonesia termasuk Jawa Timur masuk dalam jalur Ring of fire yang menjadikan wilayah ini kerap terjadi bencana.

Karena itu, Gubernur meminta semua pihak dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, khususnya saat musim penghujan seperti sekarang ini.

“Terimakasih untuk Pemkab Blitar yang telah menyiapkan lahannya. Pemprov Jatim yang bagian menyiapkan bangunannya. Saya kira, kolaborasi ini penting untuk dilakukan di setiap kegiatan,” terangnya.

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto dalam laporannya menyampaikan, secara komulatif pembangunan hunian relokasi bagi warga terdampak tanah gerak di Kabupaten Blitar sebanyak 118 unit.

Selain 68 unit yang baru diresmikan, 50 unit lainnya berlokasi di Desa Purworejo, Kecamatan Wates dan telah diresmikan Gubernur Khofifah pada 11 Oktober 2023 lalu.

“Penerima manfaat jembatan ini adalah warga yang tinggal di 13 RT, yakni, 5 RT di sebelah selatan jembatan dan 8 RT di sebelah utara jembatan,” paparnya.

Sekdakab Blitar Izul Marom menyampaikan terimakasih atas perhatian dan atensi Gubernur Khofifah dalam menangani berbagai dampak bencana di wilayahnya.

Ia berkeyakinan, masyarakat Blitar merasa sangat berterimakasih atas selesainya pembangunan hunian relokasi dan jembatan Resapombo.

“Mewakili Ibu Bupati dan masyarakat Blitar, kami menyampaikan banyak terimakasih kepada Ibu Gubernur Khofifah,” pungkasnya. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *