Bagikan

Masih ingat banjir bandang yang menimpa dua desa di Kecamatan Ijen Kab. Bondowoso, awal tahun lalu, yang mengakibatkan puluhan rumah terdampak?

Saat ini, Pemprov Jatim bersama pemerintah pusat dan Pemkab Bondowoso sedang membangun hunian tetap (huntap) sebagai upaya relokasi warga terdampak.

Area huntap yang disiapkan saat ini berada di Desa Kalisat, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, tepatnya di area lahan Perhutani dengan luas 10030,62 m².

Rencananya, sebanyak 78 unit huntap akan dibangun untuk kegiatan relokasi ini. Masing-masing huntap, akan dibangun di atas lahan seluas 7×14 meter, meliputi rumah induk seluas 6 x4 m dan kamar mandi/MCK 1,5×1,5 m.

Selain huntap, jalan lingkungan sepanjang 300 meter dan drainase juga akan dibangun di area ini. Termasuk pipanisasi sebagai kebutuhan suplai air bersih.

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto berkesempatan meninjau progres pembangunan huntap di area relokasi ini, Jumat (21/7/2023).

Turut mendampingi, Kabid RR BPBD Jatim Edi Sigit Wardana, pejabat fungsional rehabilitasi Dhani Aribowo dan perwakilan BPBD setempat.

“Alhamdulillah, progresnya terus meningkat. Saat ini sudah sekitar 38 persen,” ujarnya.

Dari progres itu, ia menyebutkan, sekitar 25 huntap sudah berdiri, beberapa ruas jalan sudah dipasang paving dan material bangunan sudah berada di lokasi.

“Kita semua berharap, semoga bisa rampung cepat dan segera bisa ditempati warga terdampak,” katanya berharap. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *