Bagikan

BOJONEGORO- Masih ingat bencana angin kencang yang menerjang tiga kecamatan di Bojonegoro awal Januari lalu?

Hari ini, Senin (17/4/2023), Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto kembali mendatangi lokasi kejadian untuk menyerahkan rumah rusak berat yang telah mendapat bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana dari BPBD Jatim.

Rumah milik Rakimah (68), yang berlokasi di RT 07 RW 03 Desa Butoh, kec. Sumberrejo ini memang mengalami rusak berat saat terjadi bencana angin kencang, beberapa bulan lalu, dan bahkan hingga roboh rata dengan tanah.

Namun kini, rumah berukuran 4,5×7 meter ini telah berdiri kokoh, setelah mendapat bantuan rehab rekon dari BPBD Jatim.

Hadir dalam acara serah terima bantuan ini, Kalaksa BPBD Kabupaten Bojonegoro Ardhian Orianto, Kades Butoh Gunawan Setya, Babinsa dan Babinkabtimas setempat, serta sejumlah pejabat di lingkungan BPBD Kabupaten Bojonegoro dan Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda BPBD Jatim, Dhani Aribowo.

“_Maturnuwun sanget. Niki sae banget._ (Terimakasih, ini bagus sekali),” kata Rakimah dengan kata terbata, menahan haru, usai menerima secara simbolis rumahnya.

Kades Butoh Gunawan mewakili warganya, juga menyampaikan terimakasih atas bantuan rehab rumah yang diberikan BPBD Jatim dan BPBD Kabupaten Bojonegoro.

“Saya yakin ini sangat bermanfaat dan semoga bisa meringankan beban warga yang terdampak bencana,” ujarnya.

Kondisi rumah Mbah Rakimah saat rata dengan tanah usai diterjang angin kencang, Januari 2023 lalu.

Kalaksa BPBD Kab. Bojonegoro Ardhian Orianto dalam sambutannya juga menyampaikan yang serupa.

Ia pun mengapresiasi gerak cepat yang dilakukan Kalaksa BPBD Jatim atas bencana angin kencang yang menimpa daerahnya.

”Saya ingat waktu itu beliau baru saja dilantik. Saya sampaikan cukup kami saja yang ngatasi. Tapi semangat beliau luar biasa. Itu yang perlu kita apresiasi,” ujarnya.

Sementara, Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto mengatakan, setelah menerima informasi selesainya pelaksanaan kegiatan rehab rekon rumah ini, ia pun langsung minta agar proses serah terima segera dilaksanakan.

“Karena sekarang bulan Ramadhan dan sebentar lagi lebaran. Semoga rumah ini nanti sudah bisa dimanfaatkan saat lebaran nanti,” harapnya.

Terkait kegiatan bantuan rehab rekon rumah terdampak angin kencang ini, ia lalu mengungkapkan, bahwa apa yang dilakukan dalam menangani rumah ini merupakan arahan dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

“Tanpa arahan dari beliau, tidak mungkin rumah ini bisa berdiri lagi. Semoga setelah ini kita terhindar dari bencana yang semacam ini,” ujarnya.

Usai menyerahkan secara simbolis, Kalaksa BPBD Jatim bersama pejabat yang hadir lalu meninjau kondisi rumah yang siap dihuni ini.

“Insya Allah, konstruksinya sangat kuat,” sergahnya. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *