Bagikan

JEMBER- Banjir yang melanda sejumlah wilayah di  Kabupaten Jember, Kamis (11/11/2021) dini hari direspon cepat Pemprov Jatim. Kalaksa BPBD Jatim Drs Budi Santosa langsung meninjau lokasi banjir yang melanda 6 desa di 3 kecamatan ini.

Kunjungan diawali dengan rapat koordinasi di rumah Wakil Bupati Jember KH. MB Firjaun Barlaman (Gus Firjaun). Hadir dalam rapat ini, Kabid KL BPBD Jatim Drs Sriyono MM M.Si dan Kepala BPBD Jember Sigit Akbari.

Kegiatan kunjungan yang diikuti Forkopimda setempat ini lalu bergeser ke Desa Pondok Joyo Kec. Semboro untuk meninjau lokasi pengungsian warga di balai desa setempat.

Di tempat ini, Kalaksa BPBD Jatim bersama Wabup Jember menyerahkan bantuan kepada warga terdampak banjir.

Selanjutnya, rombongan meninjau lokasi banjir di Desa Sidomulyo Kec. Semboro dengan menaiki perahu BNPB. Dari atas perahu, dua pejabat ini berkesempatan berdialog dengan warga terdampak dan menyerahkan bantuan.

Usai memantau banjir Desa Sidomulyo, rombongan Kalaksa BPBD lalu bergeser ke Desa Sumberagung Kec. Sumber Baru. Di tempat ini, mereka juga menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.

Kalaksa BPBD Jatim bersama Wabup Jember Gus Firjaun lalu berkunjung ke Ponpes An-Nuriyah di Desa Pondok Joyo yang juga terdampak banjir.

Usai bersilaturahmi, Kalaksa BPBD Budi Santosa lalu menyerahkan bantuan kepada pengasuh Ponpes An-Nuriyah, KH Anshori, berupa, beras 60 kg, mie instan 12 dus, lauk pauk 1 karton, tambahan gizi 1 karton, paket kebersihan 2 paket, terpal 1 lembar, sabun cair 24 botol, sabun mandi 72 pcs dan masker sejumlah 6 dos.

Berdasar update data BPBD Jatim hingga Kamis siang, banjir akibat luapan Sungai Bedadung ini telah membuat 6 desa di 3 kecamatan tergenang. Yakni, Desa Pondok Joyo, Pondok Dalem, dan Desa Sidomulyo di Kecamatan Semboro.

Lalu Desa Manggisan dan Darungan di Kec. Tanggul, serta Desa Sumberagung di Kec. Sumber Baru.

Banjir ini juga membuat 1.294 KK terdampak, meliputi: Kec. Semboro sebanyak 864 KK, Kec. Tanggul 75 KK dan Kec. Sumberbaru sebanyak 355 KK.

Sementara, bantuan BPBD Jatim yang diserahkan dalam kunjungan ini berupa, beras 500 kg, Mie instan 50 dus, lauk pauk 10 karton, makanan tambah gizi 10 karton, popok anak-anak 6 karton, popok dewasa 2 karton, handuk 60 Pcs, karung 1000 Pcs, paket kebersihan 30 paket, terpal 10 Pcs, kompor 2 unit, family kit 30 paket, kids ware 30 paket, selimut 1 karung (50 Pcs) dan tikar sejumlah 24 Pcs. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + two =