Bagikan

PAMEKASAN- Penjabat (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono merespon cepat kejadian bencana angin kencang yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Pamekasan, Sabtu (24/2/2024).

Dengan didampingi, Pj Bupati Pamekasan Masrukin dan sejumlah pejabat Pemprov Jatim, termasuk Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto, Pj Gubernur Adhy Karyono meninjau lokasi terdampak angin kencang di Desa Blumbungan Kec. Larangan dan Desa Plakpak Kec. Pegantenan.

Di Desa Blumbungan, Pj Gubernur meninjau rumah Moh Sobri, warga Dusun Garuk RT 04 RW 26 yang rusak total hingga rata dengan tanah.

Selanjutnya, di desa yang sama, Pj Gubernur mengunjungi rumah Abdul Aziz, Dusun Toron Samalem, RT 03 RW 18, yang juga mengalami rusak berat akibat tertimpa pohon.

Sedang, di Desa Plakpak Kec. Pengantenan, Pj Gubernur mengunjungi Pondok Pesantren Ummul Quro As-Syuyuty yang mengalami sejumlah kerusakan.

Di tempat ini, Pj. Gubernur disambut pimpinan Ponpes Ummul Quro KH Nailur Rahman dan sejumlah pengurus pondok.


“Penanganan yang paling efektif untuk yang rusak berat dan hancur adalah dengan langsung dibangun atau direkonstruksi, sesuai dengan standar bantuan kita. Kemudian untuk yang atap dan materialnya rusak, kita berikan material dan dikerjakan secara gotong royong,” kata Adhy.

Selain meninjau lokasi terdampak bencana, Pj Gubernur juga menyerahkan secara simbolis bantuan logistik dan material.

Di antaranya, berupa, Paket sembako sebanyak 350 paket, Makanan siap saji 4800 kaleng, makanan tambah gizi 900 kaleng, paket sandang 300 paket, Family kids 50 paket, Selimut 500 pcs, matras 50 lembar, terpal 750 lembar, glangsing 1.000 lembar, gedeg 150 lembar, asbes gelombang kecil 820, genteng mantili 200 pcs, semen Portland 60 zag dan Chainsaw 2 unit.

Sementara, angin kencang yang menerjang wilayah Kab. Pamekasan, Rabu (21/2/2024), telah berdampak pada kerusakan ratusan rumah dan fasilitas umum di 9 desa/kelurahan yang tersebar di 5 kecamatan. Yakni, Kec. Pamekasan, Kec. Larangan, Kadur, Palengaan dan Kec. Pegantenan.

Hadir juga dalam peninjauan ini, Tim BPBD Jatim, Kalaksa BPBD Kab. Pamekasan Ahmad Dhofir R., Tim BPBD setempat dan juga Kades Blumbungan, Ferry Adriyanto Alfin. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *