Bagikan

Bangkalan – Pada hari Selasa (8/6/2021), Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito bersama Menkes Budi Gunadi Sadikin melakukan kunjungan ke Bangkalan.

Rapat ini didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Plh Sekdaprov Heru Tjahjono, jajaran Forkompinda Jatim & dua anggota Komisi VIII DPR RI.

Dihadiri juga Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron, Forkopimda Bangkalan, sejumlah ulama & tokoh masyarakat setempat.

Kepala BNPB dlm arahannya mengatakan, kedatangannya ke Bangkalan ini sebetulnya untuk melakukan penguatan & pendampingan terkait lonjakan Covid-19 di Bangkalan.

Dua hal penting yg menurutnya harus terus diterapkan, yakni, menghentikan penularan dengan menjaga ketat prokes melalui penggunaan masker, cuci tangan, & jaga jarak, serta mencegah penyebaran dengan melakukan testing, tracing & treatment. Ia juga meminta semua jajaran untuk meluangkan waktu membaca update data Covid-19 di wilayahnya.

Termasuk analisa data, angka kematian & kecukupan BOR rumah sakit. “Ini penting agar semua bisa memonitor perkembangan Covid-19 di daerahnya untuk kemudian dilakukan strategi pengendalian & pencegahannya.” Ganip juga minta agar posko Covid-19 kembali diaktifkan.

Karena posko Covid-19 memiliki 4 fungsi, yakni :

  • Fungsi pencegahan melalui 3 M
  • Fungsi penyangkalan melalui 3T
  • Pembinaan dengan memberikan edukasi & diseminasi informasi
  • Fungsi dukungan dengan mencatat & menganalisa data.

Usai rakor, Kepala BNPB bersama Menkes lalu mengunjungi tempat layanan kesehatan & lokasi penyekatan di ujung Suramadu sisi Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + seventeen =