Bagikan

SIDOARJO – Hari ini, Kamis (27/4/2023), berasa menjadi hari yang istimewa bagi segenap karyawan BPBD Jatim.

Betapa tidak, tepat di hari ini, pertama kalinya Hari Jadi BPBD Jatim diperingati. Peringatan perdana Hari Ulang Tahun (HUT) BPBD Jatim ini sesungguhnya sudah yang ke-14.

“Mungkin, selama ini kita tidak tahu dan banyak yang belum tahu kalau hari ini adalah Hari Jadi BPBD Jatim. Ya, hari ini tanggal 27 April adalah hari ulang tahun BPBD Jatim yang ke-14,” ujar Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto SE, M.PSDM saat memimpin apel pagi di halaman Kantor BPBD Jatim yang langsung disambut aplaus segenap karyawan.

Sebagai penanda hari ulang tahun ini, usai apel pagi dilangsungkan pemotongan tumpeng dan doa bersama yang ikuti semua pejabat dan karyawan BPBD Jatim.

“Jika diibaratkan manusia, usai 14 tahun ini masih kategori masih belia. Tapi Alhamdulillah, keberadaan BPBD selama ini telah mampu dirasakan oleh masyarakat banyak,” yakinnya.

Ia pun berharap, dengan bertambahnya usia BPBD Jatim akan semakin meningkatkan profesionalisme kerja dan menambah keguyuban, serta memperkuat loyalitas dan dedikasi karyawan.

“Semoga keberadaan BPBD Jatim terus bisa dirasakan manfaatnya oleh segenap masyarakat,” harapnya.

Lalu apa dasar penetapan tanggal 27 April sebagai hari jadi BPBD Jatim?

Dalam kesempatan ini, Kalaksa Gatot Soebroto lalu menjelaskan, bahwa penetapan HUT BPBD Jatim ini didasarkan pada tanggal penetapan Perda nomor 2 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Lembaga Lain Provinsi Jawa Timur, tanggal 27 April 2009.

Dalam Perda ini, lanjutnya, diktum pendirian BPBD Jatim tertera, pada Bab II Pasal 2, yang berbunyi: Dengan Peraturan Daerah ini dibentuk lembaga lain Provinsi Jawa Timur, terdiri dari: a. Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Atas dasar inilah, akhirnya kita putuskan bahwa Peringatan Hari Jadi BPBD Jatim jatuh pada tanggal 27 April,” tegasnya.

Selain penetapan hari jadi, kegiatan hari ini juga dibarengi dengan acara halal bihalal karyawan BPBD Jatim. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *