Bagikan

SIDOARJO -Sebagai bentuk kepedulian atas bencana gempabumi di Cianjur Jawa Barat, Selasa sore (22/11/2022), Pemprov Jatim memberangkatkan bantuan logistik dan dukungan personil ke lokasi bencana.

Pemberangkatan bantuan yang digelar di halaman Kantor BPBD Jatim ini dipimpin Sekdaprov Jatim Adhy Karyono dengan didampingi Kalaksa BPBD Jatim Budi Santosa, Kadinsos Jatim Alwi, Kadinkes Jatim Erwin Ashta Triyono dan Ketua Harian PMI Jatim Edi Purwinarto.

Personil yang diberangkatkan untuk tahap pertama ini terdiri dari Tim Aju, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Jatim, Tim Tagana Dinsos Jatim, Tim Psikososial, Tim Medis, dan sejumlah personil lainnya.

“Untuk sementara yang dikirim ada 200 orang, terdiri dari Tagana, Rescue, medis dan lain sebagainya. Tagana yang keluar ini masih sedikit. Kita punya 2000 personil, dan siap jika dibutuhkan,” kata Sekdaprov Jatim, Adhy Karyono.

Adhy mengatakan, pengiriman bantuan personil ini sesuai permintaan Kementerian Sosial (Kemensos) dan BNPB. Personil ini sangat dibutuhkan untuk membantu pasca terjadinya gempa di Cianjur.

“Bu Gubernur bersama semua stakeholder telah memerintah langsung agar segera mengirim bantuan ke Cianjur. Intinya, kami akan terus berkoordinasi terkait apa saja yang dibutuhkan di sana,” ujarnya.

Sesampai di Cianjur, lanjut Ady, personil dari Jatim akan mendirikan Posko Penanggulangan Bencana dan Dapur Umum. Sedang bantuan logistik akan langsung dikirim ke titik-titik yang paling dibutuhkan.

“Kita tidak ada target berapa hari personil akan bertugas disana. Intinya sesuai kebutuhan. Kalau memang sudah selesai, nanti bisa berangsur-angsur pulang,” katanya.

Sementara, bantuan logistik Gubernur Jatim yang dikirim ke Cianjur, diantaranya, berupa, beras 1000 Kilogram, mie instan 100 karton, gula 200 kg, minyak goreng 100 liter, lauk pauk, vitamin, dan obat-obatan.

Kemudian 1000 lembar selimut, sarung 203 pcs, tikar 54 lembar, detergen 220 pack, pembalut, popok anak dan dewasa, serta kantong jenazah 10 pcs.

Selain itu, Pemprov Jatim juga membawa peralatan, di antaranya, tenda pengungsian dua set, tenda posko satu set, tenda dapur umum satu set, tenda LDP dinsos satu unit, lampu light tower balon satu unit, motor trail satu unit, tandon 1.200 liter satu unit, genset dua unit, meja dan kursi dua set, dan sejumlah peralatan lainnya.

Kecuali itu, Tim Pemprov Jatim juga membawa bantuan yang kini mengalir dari berbagai instansi di lingkungan Pemprov Jatim, seperti bantuan dari Forum CSR Prov. Jatim, PT Jamkrida Jatim, Wira Jatim Grup, Petrogas Jatim Utama, Jatim Graha Utama, PT. Air Bersih Jatim, PT. BPR Jatim, Dinas Perikanan Kelautan Jatim dan Dishub Jatim.

Kepada tim yang diberangkatkan ke Cianjur, Sekdaprov Adhy Karyono berpesan agar menunaikan tugas kemanusiaan ini dengan sebaik-baiknya.

“Ini adalah misi kemanusiaan. Tunaikan tugas ini sebaik-baiknya. Tunaikan tugas ini dengan penuh tanggung jawab. Pastikan bahwa Jawa Timur benar-benar membantu proses penanggulangan bencana di Cianjur. Saya anda semuanya sudah terbiasa dengan kegiatan penanggulangan bencana,” pesannya.

Sekdaprov Adhy Karyono juga mengatakan, Pemprov Jatim saat ini membuka Posko Peduli Gempa Cianjur yang dipusatkan di Kantor BPBD Jatim.

Karenanya, bantuan yang diberangkatkan hari ini masih tahap pertama pengiriman. Nantinya, akan diberangkatkan kembali bantuan untuk tahap-tahap berikutnya. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *