Bimbingan Teknis II Penanggulangan Bencana (PENA) Sekolah

Kesiapan masyarakat dalam rangka penanganan kebencanaan dapat disiapkan melalui kegiatan yang sifatnya pra bencana. Upaya yang dilakukan untuk mengurangi risiko bencana dapat dilakukan dengan berbagai cara dan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat. Seperti halnya kegiatan yang dilakukan oleh Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim yang melibatkan unssur masyarakat dengan lingkup pendidikan.

Penanggulangan Bencana (PENA) Sekolah merupakan tema dari sosialisasi kebencanaan melalui bidang pendidikan. Kegiatan yang akan menjadi salah satu ikon dari BPBD Jatim ini, memasuki tahap pemantapan konsep dengan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan beberapa praktisi kebencanaan.

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Utami ini menghadirkan peserta dari seluruh kabupaten di Jawa Timur “Fungsinya adalah supaya kita dapat melakukan komunikasi dan koordinasi tentang keadaan di masing-masing wilayah.” Tegas Dr. Turmudzi, SH, MM, MBA.

Beberapa narasumber juga turut hadir guna memberikan pandangan tentang garis besar program ini. Harapanya kegiatan ini dapat menjadi sarana dalam rangka menjaring informasi dari daerah dan mewujudkan dalam bentuk kegiatan nyata di sekolah rawan bencana.

Kegiatan bimbingan teknis ini dilaksanakan pada Kamis (18/10) ini mengundang Dinas Pendidikan, BPBD dan Pengurus Pramuka di masing-masing kabupaten. Diharapkan bidang pendidikan menjadi salah satu elemen yang dapat menggurangi risiko bencana di wilayah masing-masing.

Leave a Reply