Bagikan

BANGKALAN- Sutirah (43), warga Desa Kelbung, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan tak bisa menyembunyikan rasa bahagianya hari ini, Jumat (3/11/2023).

Sebab, kampungnya, Dusun Sambas, yang mengalami kekurangan air bersih dalam beberapa bulan terakhir mendapat bantuan air bersih dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Bantuan air bersih sebanyak 5000 liter itu disalurkan melalui BPBD Jatim dan BPBD Kabupaten Bangkalan.

Hadir dalam penyaluran bantuan air bersih ini, Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto, Kalaksa BPBD Kabupaten Bangkalan Geger Heri Susianto, dan pejabat fungsional di lingkungan BPBD Jatim dan Kabupaten Bangkalan.

“Senang sekali, pak.. Alhamdulillah, ada bantuan air di Kampung Sambas ini. Terimakasih Ibu Khofifah, bantuan airnya sudah nyampe. Sangat bermanfaat sekali dan semoga barokah,” ujar Sutirah dengan bersemangat.

Selain ibu tiga anak ini, sedikitnya 371 KK warga Dusun Sambas juga merasakan kebahagiaan yang sama. Mereka sangat bersemangat untuk antri di sekitar mobil tangki dengan membawa jirigen, bak air maupun timba.

Kalaksa BPBD Kab. Bangkalan Geger Heri Susianto mengatakan, sebanyak 70 desa yang tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Bangkalan yang mengalami kekeringan selama musim kemarau tahun ini.

Khusus di Kecamatan Sepulu, kekeringan tahun ini menimpa lima desa. Yakni, Desa Kelbung, Desa Klapayan, Desa Saplasah, Desa Gunelap dan Desa Bangsereh.

“Kami menyampaikan terimakasih kepada Ibu Gubernur Jatim dan Kalaksa BPBD Jatim yang telah hadir langsung dalam penyaluran bantuan air bersih di Kampung Sambas, kampung paling ujung di Kecamatan Sepulu,” ujar Heri.

Sementara, Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto mengatakan, bantuan air bersih yang diberikan kepada warga Kampung Sambas tentu hanya bisa mencukupi untuk kebutuhan beberapa hari saja.

Karena itu, ia berharap ada sinergi dari pemerintah kabupaten, kelompok dunia usaha dan lembaga swadaya lainnya yang bisa membantu kebutuhan air masyarakat Kampung Sambas.

Selain bantuan air bersih, dalam kesempatan ini, BPBD Jatim juga menyerahkan bantuan tandon air berkapasitas 1200 liter sebanyak 2 unit, jirigen air 10 unit dan terpal untuk kolam penampungan air sejumlah 2 lembar. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *