Bagikan

Halo Sobat Tangguh…

Pada tanggal 16 Desember 2021, Pkl. 23.00 WIB. Nomor: 484/GL.5/BGL/2021 PVMBG telah mengeluarkan rilis Pers tentang “Kenaikan Aktivitas G.Semeru – Jawa Timur, Dari level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga).

Rekomendasi :

1. Mematuhi rekomendasi yang dikeluarkan oleh Badan Geologi melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi,

2. Tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi). Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

3. Tidak beraktivitas dalam radius 5 Km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar)

4. Mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

#SalamKemanusiaan

#SalamTangguh

#JanganLelahBerbuatBaik

Leave a Reply

Your email address will not be published.