Bagikan

SIDOARJO- Tertarik dengan isu keterlibatan perempuan dalam penanggulangan bencana, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI terpilih, Dr Lia Istifhama, bersama jajaran Redaksi Times Indonesia berkunjung ke Kantor BPBD Jatim.

Kedatangan senator perempuan yang akrab dipanggil Ning Lia ini diterima langsung Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto, SE, M.PSDM di ruang kerjanya, Rabu (12/6/2024).

Turut mendampingi, Sekretaris BPBD Jatim, Andhika Nurrahmad Sudigda ST, M.Si.

Dalam kesempatan ini, perempuan yang juga dikenal gemar menulis ini berdiskusi tentang berbagai hal, termasuk keterlibatan perempuan dalam penanggulangan bencana.

Kalaksa Gatot Soebroto pun menjelaskan besarnya peran perempuan dalam penanggulangan bencana di Jatim selama ini. Salah satunya, peran utama perempuan sebagai relawan di kluster logistik, pengungsi dan kesehatan.

Bahkan, lanjutnya, motor penggerak komunitas difable juga dipimpin perempuan, yakni, Gerkatin (Gerakan  untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia) Jatim dan HWDI (Himpunan  Wanita Disabilitas Indonesia) Jatim.

Atas kondisi itu, Ning Lia pun berkeinginan mengetahui langsung keterlibatan perempuan saat kegiatan kebencanaan.

Selain beraudiensi, dalam kesempatan ini Ning Lia juga menyerahkan foto dokumentasi Kalaksa Gatot Soebroto saat menerima penghargaan dari Times Indonesia, berupa Best In Inovation Jatim 2023 kategori Inovasi Penanggulangan Bencana.

Tak lupa, Kalaksa Gatot Soebroto pun langsung menyampaikan ucapan terimakasih kepada jajaran Times Indonesia dan Ning Lia atas kepeduliannya. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *