Bagikan

KOTA BLITAR- Selama sepekan, tepatnya, sejak Jumat (7/6/2024) hingga Selasa (11/6/2024), BPBD Jatim mengikuti pameran Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XXI dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 Tingkat Provinsi yang dipusatkan di Alun-alun Kota Blitar.

Berbagai informasi kebencanaan, mulai saat pra bencana, tanggap darurat hingga pascabencana dipamerkan dalam both BPBD Jatim.

Tidak itu saja, sederet peralatan penanganan kebencanaan, seperti, peralatan vertical rescue, jaket pelampung, helm, dayung, dan peralatan selam juga turut ditampilkan dalam gelaran ini.

Menariknya, sejumlah peralatan itu tak sekadar dipamerkan, tapi juga diujicobakan untuk kegiatan edukasi kebencanaan kepada anak usia dini yang berkunjung ke arena pameran bersama orangtua mereka.

Kegiatan puncak peringatan BBGRM XXI dan HKG PKK Ke-52 ini pun ditutup Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono, Selasa (11/6/2024).

Penutupan gelaran ini ditandai dengan pemukulan rampak gendang secara serentak oleh Pj. Gubernur bersama Walikota Blitar, Ketua DPRD Jatim, Pj. Ketua TP PKK Prov. Jatim Isye Adhy Karyono, Ketua TP PKK Kota Blitar, Pj. Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono, dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Adhy Karyono mengajak segenap masyarakat untuk mengintegrasikan ‘IKI’ yang merupakan akronim ‘Inisiatif, Kolaboratif dan Inovatif’ ke dalam semangat gotong royong, agar mampu menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di masyarakat.

“Kita punya konsep ‘IKI’. Mari kita padupadankan itu dengan semangat gotong royong yang telah menjadi ciri khas masyarakat. Dengan itu, semoga kita mampu mewujudkan Jatim yang inklusif dan berkelanjutan demi mencapai kemakmuran masyarakat,” ujarnya.

Usai seremoni penutupan, Pj Gubernur bersama walikota dan para pejabat lain lalu meninjau stand pameran BBGRM, tidak terkecuali stand BPBD Jatim yang terletak di samping panggung utama.

Kepada Sekretaris BPBD Jatim Andhika N Sudigda yang turut hadir mewakili Kalaksa Gatot Soebroto, Pj Gubernur Adhy Karyono sempat tertarik dan melontarkan guyonan terkait foto penanganan bencana banjir lahar dingin di Lumajang yang dipampang di stand BPBD.

Tak lupa, ia pun mengapresiasi keterlibatan BPBD Jatim dalam menyemarakkan gelaran pameran kali ini. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *