Bagikan

JOMBANG- Kegiatan Pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) Jatim kembali berlanjut di awal Bulan Juni ini.

Selama sepekan ini, pembentukan Destana telah menyasar sejumlah daerah, seperti, Kabupaten Nganjuk, Magetan, Kota Madiun dan Kab. Jombang.

Khusus di Jombang, kegiatan pembentukan Destana dilangsungkan di Desa Talunkidul Kec. Sumobito, Kamis (6/6/2024).

Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto, membuka langsung kegiatan ini, dengan didampingi, Kasi PK BPBD Jombang Samsul Bahri, Analis Kebencanaan Bidang Pencegahan Dadang Iqwandy, Forkopimcam setempat dan Kades Talunkidul, Bambang Sugianto.

Selain penyerahan 100 bibit pohon, pembentukan Destana kali ini juga ditandai dengan penanaman Pohon Kelengkeng di area balai desa setempat.

Kalaksa Gatot Soebroto bersama sejumlah pejabat yang hadir turut dalam aksi penanaman kali ini.

Dalam arahannya, Kalaksa BPBD Jatim mengajak segenap masyarakat yang hadir dan peserta Destana se-Jatim untuk menggalakkan kegiatan tanam pohon sebagai upaya pelestarian alam, sekaligus mitigasi pencegahan bencana, seperti, banjir, tanah longsor dan kekeringan.

Ajakan ini sekaligus sebagai refleksi Hari Lingkungan Sedunia Tahun 2024 yang diperingati setiap tanggal 5 Juni.

“Dengan menanam pohon berarti kita telah menjaga kelestarian lingkungan. Karena selain bisa mendapat manfaat buahnya, masyarakat juga akan mendapat keteduhan dan perlindungan alam, serta bisa mencegah terjadinya bencana,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, sejak awal pembentukan Destana, BPBD Jatim telah menyerahkan bantuan 100 bibit pohon produktif kepada desa sasaran.

Hingga saat ini, sedikitnya 2500 bibit pohon telah dibagikan dan ditanam secara serentak di area lokasi Destana di Jatim.

Ditargetkan, hingga akhir pelaksanaan Destana nanti, jumlah bibit pohon yang tertanam di Jatim sebanyak 7 ribu pohon.

“Kami sangat berterimakasih sekali dengan BPBD Jatim dan BPBD Kab. Jombang atas penunjukan Desa Talunkidul sebagai lokasi Destana.
Semoga dengan pelatihan ini, masyarakat kami bisa semakin tangguh saat menghadapi bencana,” harap Kades Talunkidul, Bambang Sugianto. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *