Bagikan

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 yang sedianya jatuh pada tanggal 20 Mei 2023, baru diperingati secara serentak di lingkungan Pemprov Jatim, hari ini, Senin (22/5/2023). Tidak terkecuali juga, di lingkungan BPBD Jatim.

Senin pagi, segenap karyawan BPBD Jatim juga menggelar upacara peringatan Harkitnas yang dipimpin Sekretaris BPBD Jatim, Andhika N Sudigda, selaku inspektur upacara.

Selain pengibaran Bendera Sang Merah Putih, pembacaan teks Pancasila dan pembacaan naskah pembukaan UUD 1945, upacara peringatan Harkitnas juga ditandai dengan pembacaan naskah sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI oleh inspektur upacara.

Dalam sambutan tersebut, inspektur upacara mengajak segenap karyawan BPBD Jatim untuk mengingat kembali peran penting Gerakan Boedi Oetomo sebagai pemantik lahirnya gerakan pra kemerdekaan RI.

Gerakan Boedi Oetomo yang didirikan dr. Soetomo pada tanggal 20 Mei 1908 ini setidaknya memiliki 3 tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional, yakni:
✓ Memerdekakan cita-cita kemanusiaan
✓ Memajukan nusa dan bangsa, serta
✓ Mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

“Di masa ini, kemerdekaan telah kita raih. Namun barisan perjuangan, harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak mengobarkan api semangat untuk bangkit demi mewujudkan Indonesia Emas 2045,” ungkapnya.

Yang tidak kalah penting, peringatan Harkitnas tahun ini juga diharapkan menjadi momentum kebangkitan nasional pascapandemi Covid-19 yang mendera negeri ini dalam tiga tahun terakhir.

“Selama 3 tahun terakhir, barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi Covid-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa. Hal ini harus menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115 ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pascapandemi,” ucapnya.

Guna mewujudkan semangat kebangkitan ini, Sekretaris BPBD Jatim juga menyuplik perkataan penting dr. Soetomo.

“Generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah generasi yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai tanah airnya,” ujarnya. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *