Bagikan

SITUBONDO- Krisis air bersih yang menimpa warga Kampung Polay, Dukuh Ampenang, Desa Jatisari, Kec. Arjasa, Kabupaten Situbondo, akibat rusaknya mesin pompa sumur bor langsung direspon cepat Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Sejak dua hari ini, Gubernur Khofifah melalui BPBD Jatim langsung mengirimkan bantuan air bersih kepada warga terdampak yang berjumlah 141 KK atau sekitar 425 jiwa.

Bantuan air untuk kebutuhan minum dan masak warga Polay itu dikirim dengan menggunakan truk tangki berkapasitas 5000 liter.

Pendistribusian air tersebut dilakukan di tiga titik, yakni, satu titik di wilayah RT 02 RW 07 dan dua titik di wilayah RT 03 RW 07. Tiga titik ini masuk wilayah Kampung Polay Selatan dan Utara.

Kades Jatisari Rayudi pun langsung menyampaikan terimakasih atas bantuan Gubernur Jatim yang diterima warganya.

“Paling tidak, kebutuhan minum dan masak warga bisa terpenuhi. Kalau untuk mandi dan minum ternak, warga tetap harus pergi ke Waduk Taman. Jaraknya sekitar 1,5 sampai 2 Km karena menuruni bukit,” ujarnya, Jumat (5/5/2023).

Sebelumnya, Tim BPBD Kabupaten Situbondo juga sempat melakukan droping air bersih untuk kebutuhan warga Polay.

“Tapi, kasihan juga pak. Mereka nggak mampu kalau harus droping air setiap hari,” terang Rayudi.

Ikhwal mesin pompa air yang rusak, Rayudi mengatakan, bahwa usia mesin itu memang telah cukup lama, sekitar 18 tahun. Mesinnya pun masih menggunakan solar.

“Harapan kami, ada bantuan mesin pompa air yang baru sebagai penggantinya, ujarnya.

Sementara, Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto mengatakan, setelah mendapat laporan adanya krisis air bersih di Situbondo, pihaknya langsung melakukan koordinasi dan assessment dengan BPBD setempat terkait kejadian tersebut.

Karenanya, sebagai solusi awal, Tim BPBD Jatim bersama Tim BPBD Situbondo langsung mengirimkan bantuan air bersih ke lokasi.

“Sesuai arahan Ibu Gubernur, kita memang diminta gerak cepat untuk memenuhi kebutuhan mendesak warga,” terangnya.

Selain droping air bersih, Tim BPBD Jatim juga telah berkoordinasi dengan Tim Dinas PUPR Jatim terkait solusi kerusakan mesin pompa air.

Harapannya, segera ada solusi cepat untuk mengatasi krisis air bersih di Kampung Polay Desa Jatisari Kabupaten Situbondo ini. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *