Bagikan

JAKARTA – Provinsi Jawa Timur kembali mendulang apresiasi di tingkat nasional. Kali ini, terkait kinerja pengendalian pandemi Covid-19 yang berlangsung pada tahun 2020 hingga 2021 lalu.

Penghargaan yang diberikan dalam ajang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Award Tahun 2023 ini, Provinsi Jawa Timur terpilih sebagai terbaik II dengan kategori, Pengendalian Pandemi Covid-19 Tingkat Provinsi.

Acara yang digelar di Gedung Dhanapala Kantor Kementerian Keuangan RI, Jakarta Pusat ini pun dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo.

Turut hadir, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Mendagri Moh. Tito Karnavian, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala BNPB Letjen TNI Suhariyanto dan sejumlah Kepala Daerah penerima penghargaan.

Hadir juga mewakili Gubernur Jatim, Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto dan Kabiro Adm. Pimpinan Setdaprov Jatim Moh. Ali Kuncoro dengan didampingi Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Jatim, Satriyo Nurseno.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk menyelamatkan rakyat Indonesia dari wabah Covid-19. Mulai dari fasilitas kesehatan, karantina hingga menyiapkan bantuan sosial bagi masyarakat.

Dibandingkan dengan rata-rata dunia, Indonesia termasuk negara yang berhasil menangani Covid-19. “Bapak Ibu adalah bagian dari kerja keras dan perjuangan yang telah kita lakukan,” tuturnya.

Sementara, mewakili Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto di sela acara PPKM Award juga menyampaikan terimakasih atas kolaborasi segenap jajaran OPD di lingkungan Pemprov yang telah berperan aktif dalam melakukan penanganan Covid-19 dan penyajian data kala itu.

Ucapan terimakasih dan apresiasi juga diberikan kepada jajaran TNI, Polri dan para tenaga medis yang tidak pernah lelah dalam menangani kasus Covid-19 di Jatim.

“Mewakili Ibu Gubernur, kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada segenap OPD Pemprov Jatim, TNI, Polri, elemen strategis Jatim lainnya, seperti, kalangan dunia usaha yang telah mendonasikan berbagai bantuannya, teman-teman media yang mendukung dengan berita-berita konstruktifnya dan berbagai ormas serta elemen masyarakat lain yang terus mensupport agar Jawa Timur optimistis bangkit,” ujarnya.

Selain kategori provinsi terbaik, dalam PPKM Award Tahun 2023 ini, juga diserahkan sejumlah penghargaan dengan kategori lain.

Di antaranya, Kategori Sentra vaksinasi, Kategori Kabupaten/kota Pengendali Pandemi Covid-19 Terbaik, kategori TNI terbaik, kategori Polri terbaik serta Kategori Ormas, Organisasi Internasional, Media, LSM dan Influencer terbaik. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *