Bagikan

SIDOARJO – Hari ini, Jumat (20/1/2023), BPBD Jatim kembali mendapat kunjungan dari daerah. Yakni, anggota DPRD Kabupaten Madiun.

Kunjungan anggota dewan Kab. Madiun ini dipimpin Wakil Ketua Komisi B, Rudy Triswahono dan diikuti sekitar 6 anggota dewan lainnya.

Mewakili Kalaksa BPBD Jatim, hadir menyambut kedatangan rombongan ini, Kabid PK Andhika N Sudigda, Sekretaris BPBD Jatim Suharlina Kusuma Wardani dan Sub Koordinator Sub Substansi Kesiapsiagaan Apal Supendi.

Dalam kunjungan yang berlangsung di Ruang Tangguh BPBD Jatim ini, anggota DPRD Kabupaten Madiun lebih banyak melakukan sharing terkait program Penanggulangan Bencana (PB), utamanya tentang upaya optimalisasi perangkat daerah dalam kegiatan penanggulangan bencana.

Kalaksa BPBD Jatim melalui Kabid PK lalu mengusulkan upaya penguatan kelembagaan BPBD yang ada Kab. Madiun, dengan cara meningkatkan status klasifikasinya, dari klasifikasi B menjadi A.

Klasifikasi kelembagaan ini dipandang penting, karena selain fungsi pelaksana dan koordinasi, BPBD juga bisa berfungsi sebagai Komando.

Khusus untuk fungsi ini, jika pangkat Kalaksa BPBD masih di bawah pangkat Kepala OPD lain, tentu akan menjadi kendala.

“Pasti akan sulit jika eselon III mengomando eselon II,” ujar Kabid PK Andhika N Sudigda mencontohkan.

Selain itu, konsekwensi klasifikasi kelembagaan juga terjadi pada anggaran yang terbatas.

Karenanya, lanjut Kabid PK, perlu ada political will dari legislatif untuk mendukung upaya penguatan kelembagaan tersebut.

Setelah sharing pengalaman tentang kebencanaan, acara kunjungan ini lalu ditutup dengan penyerahan cinderamata dari masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *