Bagikan

SIDOARJO – Selasa (10/1/2023), telah berlangsung kunjungan Tim Tohuku Jepang ke Kantor BPBD Jatim.

Kunjungan ini Tim Tohuku ini diwakili Presiden Creative Mind Jepang Ikuko Kogiso dan Haruko Kogiso dengan didampingi Tim PSBL Unitomo Surabaya.

Turut hadir juga, Dekan Fakultas Sastra Unitomo C. Tantri, Pusparekraf Veronica Nugraheni dan LPM Unitomo Surabaya.

Sementara, turut menyambut kedatangan rombongan Jepang, Bapak Kabid PK Andhika N Sudigda, Ibu Sekretaris Suharlina Kusuma Wardani, Bapak Sub Koordinator Sub Substansi Pencegahan Dadang Iqwandy, Bapak Sub Koordinator Sub Substansi Kesiapsiagaan Apal Supendi dan Bapak Sub Koordinator Sub Substansi Program dan Pelaporan Yudi Dwi Prasetyo.

Kunjungan diawali di Taman Edukasi Bencana dengan melihat secara langsung layanan Tenda Pendidikan Bencana (Tenpina), Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana (Mosipena), Ruang hening, Perpustakaan dan Ruang multimedia.

Saat kunjungan di Mosipena, Tim Tohuku Jepang langsung memberikan video literasi pembelajaran kebencanaan dari “Tohoku Jepang” untuk digunakan sebagai bahan pembelajaran dan edukasi pada Mosipena.

Selanjutnya, rombongan Jepang berkunjung ke Pusdalops BPBD Jatim disambut Manager Pusdalops Dino Andalananto.

Usai dari Pusdalops, rombongan Tim Tohuku Jepang diterima Ibu Sekretaris BPBD Jatim di ruang Tangguh untuk berdiskusi dan penyerahan cinderamata.

Saat penyerahan cinderamata, Tim Tohuku Jepang juga menyerahkan Bousai Zukin, alat pelindung kepala saat terjadi gempabumi. Alat pelindung yang terbuat dari bahan anti api ini diserahkan ke BPBD sebagai tambahan bahan edukasi kebencanaan di Tenpina.

“Zaman dulu, ibu-ibu di Jepang menjahit sendiri alat ini untuk digunakan anak-anaknya saat terjadi gempa,” terang Ikuko.

Ia juga mengapresiasi keberadaan Tenpina dan Mosipena yang dimiliki BPBD Jatim. Menurutnya, layanan edukasi ini sudah menyerupai media pembelajaran kebencanaan yang ada di Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *