Bagikan

LUMAJANG – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bergerak cepat merespon kejadian erupsi Gunung Semeru.

Senin sore (5/11/2022), orang pertama di Jatim ini langsung melakukan peninjauan ke lokasi terdampak APG Gunung Semeru.

Kegiatan diawali dengan kunjungan di Balai Desa Penanggal Kec. Candipuro yang kini juga menjadi Pos Komando Penanganan Darurat Bencana Erupsi Gunung Semeru.

Di tempat ini, Gubernur meninjau dapur umum PMI, berdialog dengan pengungsi dan menyerahkan bantuan kepada Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Turut mendampingi, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto, Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Hadir juga sejumlah pejabat Pemprov Jatim, di antaranya, Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto, Kadis PU Bina Marga, Kadinkes, Kadinsos Jatim dan sejumlah PJU di lingkungan TNI-Polri.

Usai di Penanggal, Gubernur Jatim lalu meninjau kondisi Dusun Kajar Kuning Desa Sumber Mujur yang menjadi lokasi terparah terdampak erupsi Semeru.

Dalam arahannya, Gubernur meminta kepada semua jajaran untuk bergerak cepat menangani dampak erupsi dan guguran awan panas.

Gubernur juga minta warga Malang dan Lumajang untuk bersabar, mengingat Jembatan Gladak Perak masih dalam proses pengerjaan.

Sebelumnya, Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto juga telah melakukan peninjauan di lokasi terdampak.

Selain melihat Jembatan Kajar Kuning di Desa Sumber Mujur, Kalaksa Gatot Soebroto juga berkesempatan meninjau pengungsi yang ada di Kecamatan Candipuro. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *