Bagikan

SIDOARJO- Setelah bulan lalu Konjen Australia Fiona Hoggart berkesempatan mengunjungi kantor BPBD Jatim, kini giliran Konjen Amerika Serikat (AS) yang berkunjung ke kantor OPD Pemprov Jatim yang berlokasi di Jl Letjen S. Parman 55 Waru Sidoarjo ini.

Kunjungan Konsul AS Thomas C. Weber dengan didampingi 3 staf konsularnya ini berlangsung Selasa (28/6/2022).

Kedatangan Konsul Negeri Paman Sam ini disambut langsung oleh Kalaksa BPBD Jatim Drs Budi Santosa, dengan didampingi Sekretaris BPBD Suharlina Kusuma Wardani, Kasi Kesiapsiagaan Apal Supendi dan Kasi Rekonstruksi Gunarso serta sejumlah staf.

Dalam pertemuan yang digelar di Ruang Tangguh, Kalaksa BPBD Jatim memaparkan tentang potensi bencana di Jatim, serta tupoksi dan aksi yang dilakukan BPBD Jatim dalam upaya pencegahan dan kesiapsiagaan bencana, termasuk saat kondisi tanggap darurat.

Saat sesi dialog, Konsul AS pun menggali berbagai informasi tentang aksi penanggulangan bencana BPBD, salah satunya, tentang SOP tanggap darurat bencana saat ada warga negara asing di lokasi kejadian.

Ia juga menanyakan tentang agenda pembelajaran kebencanaan yang dilakukan BPBD Jatim dengan Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana (Mosipena).

“Apakah terjadwal secara rutin dari BPBD atau berdasar usulan dari masyarakat atau sekolah,” ujar Thomas dengan bahasa Inggris yang ditranslate salah satu stafnya.

Usai sesi dialog dan penyerahan cinderamata, kunjungan lalu berlanjut dengan peninjauan ruang Pusdalops, Tenpina dan Mosipena.

Di Pusdalops, Konsul AS Thomas C Weber juga mendalami berbagai informasi tentang tehnik pemantauan daerah rawan bencana, termasuk info gempa dan tsunami.

Sedang di Tenpina, Konjen AS mendapat penjelasan tentang isi dan fungsi sejumlah perlengkapan untuk pembelajaran para pengunjung Tenpina, yang berasal dari berbagai komunitas.

Sementara, di Mosipena, Konsul AS dikenalkan tentang fungsi pembelajaran Mosipena melalui literasi buku dan videotron.

Di akhir kunjungan, Konjen Thomas C Weber pun menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas sambutan dan keahlian yang dimiliki BPBD Jatim.

Ia berharap, ke depan bisa terjalin kerjasama yang sinergis antara Konjen Amerika dengan BPBD Jatim.

“BPBD Jawa Timur terimakasih banyak atas sambutan hari ini. Saya, semoga ke depan bisa terjalin kerjasama antara kantor kami, Konjen Amerika Serikat dengan BPBD Jawa Timur,” ujar Thomas dengan logat Bahasa Indonesia. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published.