Bagikan

SIDOARJO – Sekitar 40 anggota Komando Latihan Pusat Penerbangan TNI AL (Kolat Puspenerbal) Juanda bersama relawan Santri Tanggap Bencana (Santana), melakukan kunjungan belajar di Kantor BPBD Jatim Jl Letjen S. Parman 55 Waru, Sidoarjo.

Kunjungan yang dipimpin Mayor Laut Moh. Sapari bersama Kapten Laut (T) Suwarto ini dalam rangka mendalami berbagai pengetahuan tentang sistem penanggulangan bencana. Mulai dari pengenalan definisi dan ragam jenis bencana hingga penanganan tanggap darurat.

Untuk pengenalan definisi dan ragam jenis bencana, materinya disampaikan Manager Pusdalops BPBD Jatim, Dino Andalananto, S.kom di Ruang Siaga.

Materi itu lalu dilengkapi dengan kunjungan ke Tenda Pendidikan Bencana (Tenpina) dan Pusat data operasional (Pusdalops) BPBD Jatim.

Selain itu, anggota Kolat Puspenerbal dan relawan Santana juga diberikan materi tentang pengenalan peralatan kebencanaan oleh Tim TRC, seperti, perahu karet, Mobil Pengolahan Air Bersih (Water Treatment Process), penggunaan chainsaw dan Communication Mobil (Komob).

Sedang untuk penanganan tanggap darurat, para peserta dikenalkan tentang vertikal rescue dan pengelolaan dapur umum oleh Tagana.

Kapten Laut (T) Suwarto yang mendampingi kunjungan anggotanya menyampaikan terimakasih atas sambutan dan pembelajaran penanggulangan bencana yang diberikan kepada anggotanya.

Ia berharap, kunjungan belajar ini menjadi awal kerjasama yang berkelanjutan antara Kolat Puspenerbal Juanda dengan BPBD Jatim.


#SalamTangguh
#SalamKemanusiaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − six =