Bagikan

Musim penghujan yang biasa diikuti dengan bencana hidrometeorologi diprediksi BMKG bakal berlangsung Bulan November hingga Februari 2022 mendatang.

Guna membangun kesiapsiagaan menghadapi bencana tersebut, hari ini, Senin (25/10/2021), Forkopimda Jatim menggelar apel pasukan dan peralatan di lapangan Makodam V/Brawijaya.

Apel yang dipimpin Gubernur Khofifah Indar Parawansa ini juga dihadiri Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Suharyanto, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dan Kaskoarmada II Laksma TNI Rahmad Jayadi dan Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono.

Turut mendampingi, Kalaksa BPBD Jatim Dra Budi Santosa dan sejumlah pejabat Pemprov Jatim.

Hadir pula dari BPBD Jatim, Kabid KL Drs Sriyono MM, M.Si, Kabid RR Andhika N Sudigda ST M.Si dan Kasi Logistik Bige Agus Wahjuono SE.

Sedikitnya, 825 personel mengikuti apel kali ini, termasuk anggota TNI/Polri, Basarnas, Tagana Dinsos Jatim, Dinkes Jatim, dan TRC BPBD Jatim.

Sedang peralatan yang turut diapelkan, di antaranya berupa, kendaraan Ambulance, Truk evakuasi korban, kendaraan Covid-19 hunter, mobil air bersih, Genset darurat, perahu karet, tenda darurat BPBD dan tenda dapur umum Dinsos.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa usai melakukan sidak pasukan meminta segenap stakeholder untuk membangun sinergitas, menyiapkan berbagai kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi.

“Bencana hidrometeorologi ini bisa karena cuaca ekstrem, bisa hujan dengan kapasitas air yang sangat tinggi, bisa kemudian berakibat pada longsor dan juga bisa karena perubahan iklim global,” ujarnya.

Bagi Gubernur, upaya mitigasi dan kesiapsiagaan ini penting dilakukan secara komprehensif, termasuk di lingkungan Forkompinda kabupaten/kota.

“Karena setiap bencana alam itu berpotensi terhadap bertambahnya kemiskinan, bahkan bisa sampai di atas 50%. Nah, 80% Jawa Timur ini berpotensi terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam. Bencana alam akibat hidrometeorologi ini bisa berakibat pada rusaknya infrastruktur, rumah, sawah dan lain-lain,” tegasnya.

https://www.instagram.com/p/CVc4ZeCJaCm/?utm_medium=share_sheet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 1 =