Bagikan

SURABAYA- Kegiatan penanggulangan bencana sejatinya bukan hanya berfokus pada pra bencana dan saat tanggap darurat bencana saja, namun kegiatan pasca bencana juga menjadi bagian penting yang harus disiapkan.

Dalam kaitan itu, selama dua hari, Kamis hingga Jumat, (21-22/10/2021), BPBD Jatim bersinergi dengan Lembaga Kemitraan Indonesia-Australia SIAP SIAGA menggelar Lokakarya Penyusunan Program Rehabilitasi dan Rekonstruksi, di Hotel Santika Primier Surabaya.

Kegiatan yang menghadirkan Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Johni Sumbung ini juga diwarnai dengan pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD).

Turut terlibat dalam kegiatan ini, BPBD kabupaten/kota, sejumlah OPD Pemprov Jatim, Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Jatim, dan sejumlah relawan kebencanaan Jatim.

Kalaksa BPBD Jatim Drs Budi Santosa saat membuka Lokakarya ini didampingi Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR), Andika N Sudigda ST, M.Si menyatakan sangat mendukung diadakannya lokakarya ini.

Ia juga mengusulkan agar segera dibentuk Tim Pasca Bencana Pemprov Jatim yang melibatkan sejumlah OPD, relawan dan stakeholders terkait.

‘’Kolaborasi antara pemerintah, dalam hal ini, BPBD dengan OPD terkait, para relawan, akademisi dan stakeholders kebencanaan itu nanti akan menjadi sangat bagus dalam melahirkan program-program pasca bencana secara komprehensif,’’ yakinnya.

Kabid RR BPBD Jatim, Andika N Sudigda pun menyampaikan pernyataan senada. Baginya, lokakarya ini penting sebagai proses pembelajaran akan program rehab rekon Jatim, di antaranya, tentang Assessment Awal Rehabilitasi dan Rekonstruksi (A2R2), Pengkajian dan Perhitungan Pasca Bencana (Jitupasna), Rencana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencanaa (R3P), Pemberian Bantuan Material Bahan Bangunan, serta mekanisme pelaksanaan dana hibah RR.

‘’Saya kira forum ini sangat penting sekali. Mengapa perolehan hibah RR di Jatim masih tergolong kecil? Ini karena minimnya pemahaman terhadap prosedur dan syarat pengajuan hibah ke BNPB, termasuk kelengkapan dokumen,’’ terangnya.

Selain Kalaksa BPBD dan Kabid RR, hadir juga dalam acara ini, Koordinator Program ‘Siap Siaga’ Jatim Ancilla Bere, Sekjen FPRB Jatim Catur Sudarmanto, Kasi Rehabilitasi BPBD Jatim Dhany Aribowo AMd, ST dan Kasi Rekonstruksi, Gunarto ST. (*)

By yusron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 2 =