Bagikan

Pasuruan – Setelah pekan lalu BPBD Jatim menyalurkan bantuan air bersih di Ngawi, hari ini, Selasa (5/10/2021), BPBD Jatim giliran melangsungkan kegiatan serupa di Kabupaten Pasuruan.

Di kabupaten ini, dua desa yang jadi sasaran bantuan penyaluran air bersih, yakni, Desa Cukurguling dan Desa Karang Jati, Kec. Lumbang.Di dua desa ini, sebanyak dua tangki air bersih atau sekitar 10 ribu liter dibagikan secara gratis kepada warga Dusun Aluran Tengah, Desa Cukurguling yang berjumlah sekitar 235 KK dan warga Dusun Krajan Barat, Ds. Karang Jati yang berjumlah sekitar 1.475 KK.

Kalaksa BPBD Jatim Drs Budi Santosa memimpin langsung penyerahan bantuan tersebut kepada Camat Lumbang, Purwo Putro Asiafrianto, SE, MM.

Turut mendampingi, Kabid KL BPBD Jatim Drs Sriyono MM, Kalaksa BPBD Kab. Pasuruan Ridwan Harris, S.ST, M.Si, Sekretaris BPBD Kab. Pasuruan Sarinah Rostief, ST, MT, Kasi Kedaruratan BPBD Kab. Pasuruan Dul Bachri, SH, Camat Kec. Lumbang Purwo Putro Asiafrianto, SE, MM dan Kapolsek Lumbang G Purnomo.

Kalaksa BPBD Jatim Drs Budi Santosa mengatakan, tahun ini, kekeringan di Jatim melanda 23 kabupaten/kota. Dari jumlah itu, 232 kecamatan dan 699 desa/kelurahan mengalami kering kritis.

Untuk penanganan kekeringan tersebut, saat ini 7 kabupaten telah mengajukan bantuan air bersih ke Pemprov Jatim. Yakni, Kabupaten Sumenep, Kab. Pamekasan, Bangkalan, Ngawi, Pacitan, Mojokerto dan Kab. Pasuruan.

Khusus di Kab. Pasuruan, kekeringan tahun ini melanda 9 desa yang tersebar di 3 kecamatan. Di antaranya, Kec. Lekok, Lumbang, dan Pasrepan.

Sementara, Camat Lumbang, Purwo Putro Asiafrianto, SE, MM, mengaku sangat berterima kasih dengan bantuan air bersih yang diberikan kepada warganya.Sebab, selama musim kemarau ini, sebagian warganya mengalami kesulitan mengonsumsi air bersih, untuk kebutuhan memasak dan mandi.

Selain droping air bersih, untuk menjaga penerapan prokes Covid-19, Tim BPBD Jatim juga membagikan masker kepada warga setempat.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + twenty =